Sosislisasi PPKBD dan Sub PPKBD Berjalan Sukses

184 Views

Aceh Timur, RepublikNews – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Aceh Timur, kepala dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana Drs Fakhrurrazi,MM memberikan pembinaan kepada Kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, di aula dinas KB. (11/06/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, direktur RSUD Zubir Mahmud Dr.Edi,serta 09 Kecamatan PPKBD dan Sub PPKBD. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, Drs Fakhrurrazi mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk PPKBD dan sub PPKBD.

“Kader PPKBD merupakan kepanjang tanganan dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), karena terbatasnya Penyuluh KB, maka kalian sebagai kader PPKBD dan Sub PPKBD harus terjun langsung ke masyarakat,” ucapnya,.Selain itu Drs.Fakhrurraji,MM juga menekankan mengenai pencatatan dan pelaporan pencapaian KB baru dan KB aktif di setiap wilayah binaan PPKBD dan Sub PPKBD.

Drs Fakhrurrazi, MM juga memberikan penjelasan pelaksanaan Pendataan Keluarga yang akan dilakukan pada bulan berikutnya. “Dalam melakukan pengumpulan data pada Pendataan Keluarga Tahun 2020 berbasis Smartphone dan berbasis formulir (paperbased) sehingga sangat dibutuhkan kader pendata yang handal dalam IT,” ucapnya.

Drs Fakhrurrazi, MM juga mengatakan PLKB dan Kader KB, memberikan pembinaan terkait tugas dan fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta Institusi Masyarakat untuk menjadi Pengelola dan Pelaksana Program KKBPK yang dinamis dan mandiri. Drs Fakhrurrazi, MM juga menekankan kepada PPKBD dan Sub PPKBD untuk dapat mengikuti protokol kesehatan, yaitu harus sering cuci tangan,pakai masker dan jaga jarak.

Selanjutnya Drs Fakhrurrazi, MM memberikan pembinaan mengenai kegiatan kampung KB di Kecamatan, dengan ruang lingkup kegiatan Kampung KB meliputi, Kependudukan, Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Ketahanan Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga (Pembangunan Keluarga) dan Kegiatan Lintas Sektor (Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan) yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah. (Iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.