Wabub Aceh Timur Langsung Merespon Jalan Putus Akibat Longsor Di Serba Jadi Lokop

222 Views

Aceh Timur, RepublikNews – Alhamdulillah Wakil Bupati Aceh Timur langsung merespon dan mengambil langkah cepat dalam penanganan jalan longsor serba jadi lokop melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Camat lokop yang sudah setambay di tempat saat di telpon wartawan ini, siap untuk bekerja dan menerima alat berat atau dumtruck yang di kirim Wabup Aceh Timur untuk membantu memudahkan pekerjaan memindahkan batu batuan atau tanah untuk akses pembuatan jalan sementara, alat berat atau dumtruck sedang menuju ke serba jadi lokop, Selasa 02/06/2020.

Longsor yang terjadi di serba jadi lokop, Aceh Timur pada malam selasa tersebut mendapat respon pemerintah dan Wabup Aceh Timur. Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul bin Syama’un mengatakan, dirinya atas nama pemkab Aceh Timur turut prihatin akan terjadinya bencana di serba jadi lokop. Khususnya kepada masyarakat serba jadi lokop dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan bencana khususnya bagi warga yang berada di sekitar wilayah lokop Aceh Timur.

“Pertama saya merasa prihatin, karena musibah ini sangat tidak diinginkan kita semua. Karena musibah bisa saja terjadi kapan saja, apalagi musim penghujan. Kami, pemerintah kabupaten Aceh Timur sudah sejak lama terus mengingatkan dan mensosialisasikan kepada semua masyarakat untuk selalu waspada bencana,” Jelas Wabup Aceh Timur Syahrul bin Syama’un kepada wartawan ini melalui telepon selulernya,

Saat mendapatkan laporan longsor dari wartawan ini Wabup langsung merespon dan mengambil langkah cepat, Oleh karena itu, pihaknya langsung telpon BPBD untuk langsung meninjau kelokasi.

” setelah dicheck Hal ini terjadi, karena kontur tanah yang mungkin diakibatkan hujan deras dan air pasang, sehingga terjadi retakan tanah,” jelasnya.

Selain itu, Wabup Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un menghimbau kepada warga yang berada di rawan longsor agar selalu waspada bencana. Karena longsor berada dipinggir sungai, atau gunung.

” bagi masyarakat yang berada di hilir sungai atau gunung, kalau wilayah diguyur hujan terus debit air sungai mengecil segeralah melapor kepada BPBD atau muspika agar bisa mengambil langkah untuk mengantisipasi, karena dikhawatirkan penyumbatan aliran sungai,” jelasnya.

“Saya sudah meminta kepada BPBD, untuk selalu melakukan pengecekan dan memonitoring lokasi yang diindikasikan rawan longsor dan banjir. Kami meminta, kepada masyarakat untuk selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi terjadinya bencana,”ungkap Wabup. (Iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.