DANAU KAWAH IJEN MELEDAK TEWASKAN SATU PENAMBANG

232 Views

Banyuwangi, RepublikNews – Terjadi suara ledakan berasal dari dasar danau gunung kawah ijen, gegerkan warga yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, pada jum’at (29/5/2020) kemarin sekitar pukul 12.30WIB.

Informasi yang diterima awak media Republiknews, korban jiwa satu orang masih belum ditemukan, diduga korban tenggelam di dalam kawah.

Kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, Fajar Suwasana melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Eka Muharam mengatakan, memang benar kawah gunung ijen telah terjadi suara dentuman pada hari juma’at 29/5/2020 sekira pukul 12.30 WIB. Akibat adanya kejadian ini, ada satu orang penambang yang diduga hilang dan masih belum diketemukan.

” Ada beberapa orang penambang belerang pada malam itu yang sedang beraktifitas seperti biasanya, mencari belerang. Dengan adanya kejadian itu, satu orang hilang diketahui bernama Andi dengan identitas warga Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi,” ungkap Eka Muharam.

Kronologis kejadian berawal pada hari juma’at 29 /5/2020 para penambang belerang termasuk Andi dan Halimi melaksanakan rutinitas penambangan diwilayah danau bibir kawah gunung ijen. Sekira pukul 12.30 WIB. Andi dan Halimi beserta penambang lainnya mendengar suara ledakan bersumber dari dasar danau kawah gunung ijen.

Mendengar suara ledakan keras, Andi dan Halimi beserta penambang yang lainnya bergegas menyelamatkan diri naik kepuncak kawah, bersamaan itu, dampak dari ledakan/dentuman menimbulkan gelombang air danau tinggi, debit air meningkat mencapai 2,5 sampai 3 mtr dari bibir kawah. Pada saat Andi dan Halimi serta penambang yang lain berlari untuk menyelamatkan diri, namun karena debit air semakin naik dan gelombang air semakin besar, Andi (Korban) terpeleset karena menginjak media tanah yang rapuh sehingga menyebabkan dia terjatuh ke danau,”jelas Eka Muharam.

Dari pihak petugas BPBD terus berupaya melakukan pencarian korban Andi ke danau kawah ijen serta melibatkan seluruh penambang untuk melaksanakan pencarian secara visual di lokasi bibir kawah yang sekiranya dapat terjangkau.

Pencarian sempat dihentikan karena cuaca tidak memungkinkan dan kembali ke pos penambang yang berada di paltuding. Dan pencarian akan terus di lanjutkan setelah cuaca membaik,” pungkas Eka Muharam.

Sementara itu penambang masih bertahan di PT. Candi Ngrimbi di dusun Tamansari untuk melakukan kordinasi lebih lanjut dengan Posramil, Polsek Licin, BPBD Kabupaten Banyuwangi, PPGA Ijen, BKSDA serta Pos siaga SAR ketapang Banyuwangi dan Candi Ngrimbi. (Adi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.