Jika Terbukti Bersalah, Oknum Kepala Dinas Aceh Timur Wajib Di Hukum Cambuk

452 Views

Aceh Timur RepublikNews – Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial ( FAKSI) Aceh, Ronny Hariyanto, mendesak penegak hukum, segera menerapkan hukum syariat islam kepada oknum kepala dinas di Aceh Timur, yang diduga melakukan pelanggaran syariat, sebagaimana dilaporkan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Timur beberapa waktu lalu.

“Jika terbukti bersalah, maka para pelaku harus dicambuk di depan umum, supaya adil seperti yang dialami rakyat jelata selama ini,” kata Ronny, Kamis 7 Mei 2020.

Ronny menegaskan, bahwa Satpol PP dan WH harus menjunjung tinggi nilai – nilai keadilan dalam hal penerapan hukum syariat di Aceh Timur, agar penguatan syariat islam dapat benar – benar terpenuhi dan mendapatkan dukungan penuh dari publik.

“Kita berharap, pihak terkait lebih mengutamakan rasa keadilan bagi masyarakat, karena jika tidak, dikhawatirkan penerapan syariat islam nantinya, akan kehilangan gezahnya, dan jika hukum cambuk hanya berlaku pada kaum lemah saja, maka hal itu bisa disebut sebagai kezaliman penguasa, dan melanggar Hak Asasi Manusia,” sebut putera Idi Rayeuk, berdarah Aceh – Minang itu.

Eks Ketua Forum Pers Independen (FPII) Provinsi Aceh itu juga mendesak Bupati Aceh Timur, H. Hasballah M.Thaib, SH, alias Rocky, bersuara di depan umum dan mengambil tindakkan tegas, atas segala perbuatan menyimpang, yang diduga telah dilakukan sejumlah anak buahnya itu, dan dinilai telah mencoreng citra pemerintahannya di Aceh Timur.

“Kita minta Bupati Rocky, secara bijak, memberi penjelasan kepada publik, atas segala perbuatan tak pantas yang diduga dilakukan sejumlah anak buahnya itu, agar masyarakat bisa melihat komitmen bupati terhadap penegakkan hukum, dan juga memenuhi rasa keadilan bagi masyarakatnya, bagus sekali jika bupati berani ambil sikap tegas, itu justru akan menjadi nilai plus baginya, terutama karena berani mengakui sudah terjadi penyimpangan di pemerintahannya selama ini, dan jangan sampai pula terkesan melindungi bawahannya yang berbuat kemungkaran, sebab itu akan merugikan Bupati sendiri dan menjatuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan di Aceh Timur,” pungkas Ronny menutup keterangannya. (Iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.