Pasien Terkait Covid-19 Biaya Penanganan Ditanggung Pemerintah dr.Saiful Hadi : Setiap Pasien Menghabiskan Anggarannya Rata-rata Rp.50 juta.

184 Views

Tuban, RepublikNews

Seluruh pasien Covid-19 ditanggung oleh pemerintah , dan Direktur RSUD.Dr.R.Koesma Tuban, dr.H.Saiful Hadi memastikan biaya penanganan pasien terkait Covid-19 ditanggung oleh pemerintah. Semua kebutuhan medis hingga Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh tenaga medis telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran hingga 60 Miliar untuk penanganan Virus Corona di Tuban, Senin ,20/04/2020.

Saiful Hadi pada media ini mengatakan, sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19, RSUD dr. R. Koesma Tuban telah siap dalam segala hal, mulai ruang isolasi hingga ketersediaan APD juga telah terpenuhi. Pasien Covid-19 di Tuban akan mendapatkan perawatan sesuai standart penanganan Covid-19 dengan biaya perawatan ditanggung pemerintah.

“Semua pasien yang dirawat di ruang isolasi ditanggung pemerintah. Gratis semuanya, rata-rata setiap pasien menghabiskan anggaran sekitar 50 juta.”  jelas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Dia menambahkan , jika masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan maka sesuai prosedur yang ada, termasuk dalam hal penggunaan BPJS. Namun jika sudah dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan harus menjalani isolasi, maka semua biaya gratis menjadi tanggungan pemerintah.

Sekda Kabupaten Tuban Dr.Ir.Budi Wiyana.M.Si mengatakan, Pemkab sudah menghitung dan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan penanganan medis terkait Covid-19 di Kabupaten Tuban hingga tiga bulan ke depan, termasuk ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD).

Budi Wiyana juga mengatakan, selain APD dan kebutuhan medis yang telah disiapkan oleh pemerintah, banyak pihak juga telah menunjukan kepeduliannya dengan memberikan bantuan APD, baik langsung ke RSUD maupun melalui satuan Gugus Tugas.

“Kita sudah melakukan kalkulasi dan menyiapkan ketersediaan APD, dan sudah cukup hingga tiga bulan ke depan.” kata Budi Wiyana. (@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.