Antisipasi Dampak PSBB “Polres Lampung Barat” Menggelar TFG Sispam Kota

136 Views

Lambar, RepublikNews – Antisipasi Dampak PSBB Polres Lampung Barat menggelar Simulasi Tactical Floor Game (TFG) Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) Antisipasi Dampak Terburuk Kebijakan Pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di aula Jananuraga Polres Lampung Barat Selasa (14/04/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi,S.IK.,M.H. bersama Waka Polres Lampung Barat Kompol Aliddin,cS.H.,S.IK.,M.H. beserta PJU Polres Lampung Barat, Bupati Lampung Barat yang di wakilkan Assistent 1 Bupati Ir.Nata Djudin Amran, MM. , Dandim 0422-LB Letkol Czi Beni Setiawan, Ketua DPRD Lampung Barat yang di hadiri Wakil 2 Erwansyah, SH. Kepala Kejaksaan Negeri Liwa, Kepala Pengadilan Negeri Liwa,dan Kepala BPBD Kabupaten Lampung Barat.

Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.IK.,M.H. dalam arahannya menyampaikan hari ini kita melaksanakan Simulasi Tactical Floor Game (TFG) terkait Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) Antisipasi Dampak Terburuk Kebijakan Pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semoga ini hanya sebatas Tactical Floor Game mudah-mudahan tidak sampai terjadi di Kabupaten Lampung Barat namun demikian kita harus tetap mengantisipasi karena secara global Covid-19 ini hingga hari ini penularan masih terus berlangsung,”terang Kapolres.

“Ada 2 skenario yang akan kita praktekan yaitu apabila PSBB diberlakukan sesuai dengan izin Menteri Kesehatan dan apabila terjadi kerusuhan akibat situasional kondisi masyarakat yang terdampak oleh adanya PSBB ini,”Lanjutnya.

“Mari kita sama-sama menyikapi hal ini dengan sangat bijak sekali karena apabila kita memberlakukan satu situasi terhadap kondisi wilayah tentunya ini akan berimbas terhadap aspek-aspek lainnya seperti dalam bidang Ekonomi terutama, Sosial, Politik dan Budaya serta Keamananan dan Pertahanan pasti akan merasakan imbas akibat kondisi yang di tetapkan oleh keadaan,”ungkap Kapolres.

“Harapan kita bersama semoga wilayah Lampung Barat tidak akan berubah dari zona biru menjadi zona merah dan wabah ini segera berlalu,”Ujarnya.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Bupati Lampung Barat yang di wakilkan Assistent 1 Bupati Ir.Nata Djudin Amran, MM. Menyampaikan di tengah situasi yang cukup mencekam ini kita masih terus bekerja tak henti-hentinya ini menujukkan dedikasi kita terhadap Bangsa dan Negara ini khususnya di daerah Lampung Barat.

“Ada beberapa hal yang ingin kami ingatkan yaitu, selain skenario dalam Tactical Floor Game ini tentunya senantiasa kita harus menguasai medan wilayah maupun personal masyarakat. Karena kondisi ini tentu kondisi yang berbeda termasuk di dalamnya emosional masyarakat,”jelas Ir.Nata Djudin.

“jangan lupa setiap langkah kita lakukan evaluasi untuk perbaikan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan dan saat selasai melakukan pelaksanaan tetap harus menjalankan evaluasi dengan baik,”Ungkapnya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan arahan dari Dandim 0422-LB Letkol Czi Beni Setiawan yang menyampaikan Dengan adanya Tactical Floor Game (TFG) ini biarkan nanti kedepannya apabila terjadi sesuatu hal yang terkait Covid-19 ini dapat segera di atasi.
“Kita tidak boleh menganggap enteng bahwa apa yang terjadi saat ini adalah wabah biasa.

Namun kita juga tidak boleh terlalu panik, karena apabila kita dari anggota Kepolisian dan TNI ikut panik apalagi masyarakat,”Ujarnya.

“Diharapkan kedepannya dengan adanya TFG ini bisa jadi pengetahuan kita, siapa dan harus berbuat apa itu yang terpenting,”pungkasnya.

Kemudian acara di lanjutkan dengan penyampaian skenario Simulasi Tactical Floor Game (TFG) yang di jelaskan oleh Kabag Ops Polres Lampung Barat Kompol Mujiono, S.H.,M.H. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.