Seorang PDP Covid-19 asal Semanding Tuban Meninggal Dunia.

256 Views

Tuban, RepublikNews

Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 berinisial Zaenal Khabib  asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, telah meninggal dunia, pada Senin ,06/04/2020.

Wakil Ketua Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, dr. Saiful Hadi saat dikonfirmasi mengatakan, PDP asal Kecamatan Semanding ini meninggal dunia sekitar pukul 15.00 WIB. PDP yang meninggal dunia tersebut merupakan perawat sekaligus seorang sopir ambulans di Puskesmas Semanding yang sebelumnya ikut pelatihan petugas calon haji 2020 di Asrama Haji Sukolilo pada 9-18 Maret 2020.

“Untuk hasil tes swab di Pusat Jakarta belum keluar, rencananya besok Selasa ,07/04/2020 baru keluar bersamaan dengan PDP yangq lain.” kata dr. Saiful Hadi yang juga Direktur RSUD Dr. Koesma Tuban ini.

Meski hasil swab belum keluar, namun PDP meninggal dunia ini tetap dimakamkan sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO. Proses pemakaman dilakukan oleh petugas RSUD yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Jenazah akan dibungkus plastik dan dimasukkan ke dalam peti, kemudian dimakamkan tanpa orang banyak.

Kendati demikian, dr Saiful Hadi mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang. Utamanya kepada lingkungan sekitar, ia meminta agar menerima pemakaman jenazah. Sebab, proses pemakaman jenazah sudah sesuai standar dan dipastikan aman.

“Meski secara resmi belum keluar hasil swabnya, namun pemakamannya tetap menggunakan prosedur.” tegas dr. Saiful Hadi.

Sementara itu, per Senin ,06/04/2020 , peta sebaran Covid-19 berdasarkan rilis Pemkab Tuban, jumlah PDP ada 9 orang, dengan keterangan dinyatakan sembuh 1 orang dan meninggal 1 orang. Sedangkan, untuk jumlah ODP sebanyak 408 orang dengan selesai pemantauan sebanyak 110 orang.

Meski jumlah ODP meningkat, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban mengimbau, agar masyarakat tetap tenang, tidak panik, dan tak resah. Sebab, warga yang berstatus ODP kesehatannya terus diawasi oleh pihak gugus Covid-19.
“Sedangkan, untuk PDP saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSUD dr Koesma Tuban.” terang dr.Saiful Hadi.

Jenazah  Zainal Khabib yang beralamatkan di desa Bejagung kecamatan semanding Kabupaten Tuban , pada hari senin  06/04/2020 pukul 21.00 WIB  dimakamkan di Makam Islam Bejagung Lor  , Team reaksi cepat unit Covid -19 BPBD Tuban , melaksanakan Tugas proses pemakaman jenazah Zainal Khabib.

Prosesi pemakaman ditangani oleh tim Medis RSUD Dr. R. KOESMA Tuban,dan dari BPBD Tuban  menurunkan 5 personil berseragam APD lengkap sesuai
prosedur pasien corona COVID-19 yg di komando langsung oleh Kalaksa BPBD Tuban Drs.Yudi Irwanto, M.M

PDP asal Kecamatan Semanding ini meninggal dunia sekitar pukul 15.00 WIB. Zaenal Khabib diketahui bekerja sebagai perawat sekaligus sopir ambulans di puskesmas kecamatan semanding Kabupaten Tuban.
Pukul 21.30 wib pemakaman telah selesai di laksanakan dan berjalan dengan lancar .

Semoga pandemi covid-19 segera berlalu. Aamiin YRA.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.