Mengenal Lebih Dekat Calon Bupati Tuban. H.Setiajit.SH.MM.

2.308 Views

Tuban, RepublikNews

Setiajit adalah salah satu putra terbaik Tuban yang memiliki pengalaman panjang di pemerintahan.mengawali karier sebagai staf Birokrasi pemerintah provinsi Jawa Timur sejak tahun 1983 , Setiajit mendapat amanah menduduki banyak posisi penting mulai dari kepala BakorwilII Bojonegoro , Kepala Biro Organisasi , Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur hingga Pjs.Bupati di Kabupaten Jombang dan saat ini , Setiajit dipercaya memimpin Dinas Energi, Sumber Daya dan Mineral ( ESDM) Provinsi Jawa Timur.

Lahir di Tuban pada 2 Desember 1961 , Setiajit dididik dan dibesarkan dalam kultur Nahdliyyin oleh sang ayahanda R.Sumaoastro  yang menjadi Kepala Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban , dorongan yang kuat dan tempaan disiplin keras dari sang ayah mencetak dirinya menjadi sosok yang tegar , ulet dan Pekerja keras .

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di tuban , Setiajit muda menempuh pendidikan tingginya di Surabaya hingga lulus S2 UNAIR pada tahun 1996, tidak berhenti sampai disitu , ia juga mendapatkan gelar diploma dibidang pengembangan sumber daya manusia ( Human Resources Development) di Philipina , meraih diploma pengembangan industri kecil (Small Scale Bussines) di Turin,Italia,Ia juga beberapa kali mengikuti pelatihan dan Short Course di Jerman.

Jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerialnya dibentuk dari pengalaman organisasi yang panjang , sejak usia muda , Setiajit adalah aktivis sosial kemasyarakatan dan pernah menjadi pengurus Angkatan Muda Brawijaya (Amubra) Jawa Timur , pengurus FKPPI Jawa Timur , Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Brawijaya Jawa Timur , Ketua SOKSI kota Surabaya , Dewan Pertimbangan KNPI provinsi Jawa Timur hingga sekretaris Komite Perlindungan Perempuan dan Anak provinsi Jawa Timur , ia juga menjadi penggerak kegiatan keagamaan dan budaya, mulai Majelis Taklim , Istighosah hingga sedekah desa.

Karir panjang di birokrasi ditempuh dengan baik dan penuh dedikasi, hal ini menjadikannya figur yang berpengaruh dan dipercaya menduduki jabatan-jabatan strategis di pemerintahan.Ia juga banyak meraih penghargaan , diantaranya sebagai Kepala Dinas Terbaik Nasional , Penghargaan terbaik Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan , Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Terbaik , serta terpilih sebagai Pembina K3 Nasional , Pemahamannya yang utuh terhadap pemerintah daerah mengantarnya terlibat sebagai Tim Perumus Undang-undang , mulai dari UU no 23/2014 tentang Pemerintah Daerah , UU no 13/2003 tentang Ketenagakerjaan ,UU no 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di luar negeri hingga perumusan Peraturan Pemerintah 18/2016 tentang Perangkat Daerah.

Sosok Setiajit dikehidupan sosialnya dikenal bersahaja dan memiliki kepedulian kepada rakyat kecil , selama bertugas di Pemprov Jatim , ia adalah penggagas dan penggerak berbagai kegiatan pengentasan kemiskinan , ia juga menjadi Inisiatior berbagai program pelatihan ketrampilan tenaga kerja dan mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru dimasyarakat.sebagai Kepala Dinas ESDM , ia merealisasikan ketersediaan energi listrik di wilayah pelosok dan kepulauan Jawa Timur.

Sebagai calon Bupati Tuban , H.Setiajit.SH.MM mempunyai 9 Program Unggulan.yang mana Program Unggulan itu adalah janji-janji politiknya untuk warga masyarakat Tuban yang akan dilaksanakan jika terpilih sebagai Bupati Tuban pada 2020-2024.

9 Program Unggulan itu adalah :

1. TUBAN BANGKIT . Tambahan anggaran minimal 300-500juta per Desa per Tahun khusus untuk pembangunan fisik desa.seperti Jalan,Oasar ,Embung/Waduk kecil , Pemakaman dan insfratruktur desa lainnya . Pembangunan insfratruktur perekonomian dan Landmark/monumen sebagai destinasi wisata baru di Tuban , diantaranya Menara Walisongo , Monumen Ronggolawe , Penataan Alun-alun dan Pantai Boom.
2.TUBAN MANDIRI . Pelabuhan terintegrasi dengan kawasan industri memberikan kemudahan investasi dengan mengedepankan kepentingan masyarakat , serta pendampingan produk lokal (local brand) , UMKM dan Industri Rumah Tangga.
3.TUBAN CERDAS. Pelayanan pendidikan gratis mulai dari PAUD , SD hingga SLTP dan 10.000 beasiswa SMA/MA/SMK/Sederajat dan Perguruan Tinggi bagi siswa berprestasi dan Keluarga Tidak Mampu.
4.TUBAN SEHAT . Jaminan Pelayanan Kesehatan Gratis dengan memperluas keanggotaan BPJS masyarakat , program “dokter on call” khusus pelayanan kesehatan darurat dan masyarakat usia lanjut.
5.TUBAN MAKMUR . Program Social Security Number ( Satu kartu untuk layanan sosial) dan optimalisasi PKH Plus dengan menambah alokasi dana dari APBD Tuban.
6.TUBAN KERJA. MoU dengan investor untuk menyerap tenaga kerja lokal , menciptakan 10.000 wirausaha baru melalui bantuan permodalan bergulir , pengembangan star up dan bisnis online untuk milenial.
7.TUBAN AGRO. Peningkatan kesejahteraan petani, Peternak , Nelayan dan Masyarakat sekitar hutan dengan membangun BUMD Pertanian, Revitalisasi PPL , Pengembangan pupuk organik dan wisata Agro.
8.TUBAN MELAYANI. Pengembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) untuk mewujudkan kawasan bebas korupsi , mempercepat pelayanan (e-services ) , Pengawasan / Command Center ( e-monitoring) , Penganggaran (e-budgeting/real time budgeting) Pengadaan barang dan jasa ( e-procurement) dan sebagainya.
9.TUBAN HARMONI. Program pemberdayaan umat dan organisasi sosial kemasyarakatan dengan bantuan kelembagaan ponpes , kelompok budaya , Insentif Takmir Masjid , Modin , Guru ngaji , Penjaga Makam dan Situs Budaya.

Dengan Total APBD mencapai 2,4 Triliun , Kabupaten Tuban sebenarnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan standar kesejahteraan masyarakat dan melakukan pembangunan.namun , dalam kurun lima tahun terakhir , postur anggaran daerah lebih besar hanya untuk membiayai belanja rutin dari pada belanja publik , hal ini menunjukkan belum maksimalnya kebijakan anggaran untuk pemberdayaan dan kepentingan rakyat.

TUBAN MILIK BERSAMA.
H.SETIAJIT.SH.MM
PENGALAMAN,BERSIH , BERSAHAJA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.