Siapkan Anggaran Awal 15 Milyar Pemkab Tuban Siap Tanggulangi Dampak Ekonomi Akibat Covid-19

412 Views

Tuban, RepublikNews

Melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia yang sampai hari ini masih cukup signifikan, Pemerintah Pusat mengeluarkan banyak kebijakan di berbagai bidang, dengan tetap menggalakkan himbauan untuk melaksanakan jaga jarak fisik atau physical distancing, termasuk di Kabupaten Tuban. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa dengan himbauan physical distancing tersebut ditindaklanjuti dengan ditutupnya sejumlah lokasi yang menjadi pusaran ekonomi masyarakat yang berimbas pada kondisi sosial ekonomi mereka.

Menyikapi hal tersebut Pemkab Tuban akan segera melakukan langkah-langkah strategis, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., mengungkapkan bahwa saat ini telah dilaksanakan refocusing anggaran atau pengaturan ulang anggaran untuk difokuskan pada penanganan Covid-19. “Pemkab Tuban telah menyiapkan dana awal 15 milyar untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban dan dapat berubah menyesuaikan kondisi yang ada kedepan.” Ujar Wabup yang ditemui setelah kegiatan Pemberangkatan Penyemprotan Disinfektan di Pemkab Tuban, Selasa ,31/03/2020.

Dari anggaran yang telah disiapkan tersebut Wakil bupati Tuban  mengatakan  diperuntukkan untuk banyak program dan kegiatan penanganan Covid-19, diantaranya untuk mencukupi kebutuhan APD di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan serta memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak langsung dengan menggelar Operasi Pasar Khusus.
“Calon penerima program ini diutamakan kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam bantuan PKH, BPNTD maupun Bansos lainnya. “Calon penerima sebelumnya memiliki pekerjaan atau usaha tetap, tetapi saat ini kondisi ekonomi mereka terdampak langsung oleh kebijakan penanganan Covid-19” jelas Wabup.(@nt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.