Tuban Siap Jadi Tuan Rumah HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Provinsi Jawa Timur.

431 Views

Tuban, RepublikNews

Rapat Finalisasi HUT Damkar ke-101 , HUT Satpol PP ke-70 , dan HUT Satlinmas-58 tahun 2020 Provinsi Jawa Timur, Kamis (05/03/2020). Bertempat di ruang RH Ronggolawe Setda Tuban, dibuka
Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. yang mana kegiatan ini dihadiri Kasatpol PP Jawa Timur , Kasatpol PP Kabupaten/Kota se Jawa Timur , Kabag Umum, Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tuban.

Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur, Drs. Budi Santoso menyampaikan rangkaian kegiatan dimulai sejak 17-19 Maret 2020. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim bersama Forkopimda Jatim , Bupati/Walikota se-Jawa Timur. Selain itu, juga akan diikuti Kasatpol PP Kabupaten/Kota se-Jawa Timur beserta personil masing-masing.

Nantinya, gelaran ini akan dipusatkan di Alun-alun Tuban sebagai bentuk kehadiran Satpol PP yang dekat dengan masyarakat. Berbagai kegiatan juga akan dikemas sesuai dengan prinsip Satpol PP yaitu humanis dan persuasif. Kegiatan tersebut diantaranya ada Bhakti Sosial , penghijauan bersama warga, tokoh agama dan masyarakat , serta ziarah makam wali.

Sementara itu , dalam sambutanya Wabup Tuban menyatakan Kabupaten Tuban siap menjadi tuan rumah peringatan tahunan tersebut. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak Kabupaten Tuban dipilih tahun lalu. “Kami berterima kasih atas kepercayaan tersebut dan kami akan memberikan yang terbaik.” kata Wabup.

Wabup menekankan sesuai dengan branding Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali, personil Satpol PP dapat meneladani perilaku Waliyullah. Diantaranya bersikap humanis, moderat, ramah dan melayani.  Satpol PP sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) memiliki tugas yang berat. Karena itu, Pemkab Tuban memberi perhatian khusus terhadap operasional dan kewenangannya. “Satpol PP Tuban berperan penting dalam pemberantasan miras jenis arak,” serunya.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Satpol PP Tuban terkendala kewenangan dan otoritas yang melekat. Hal ini disebabkan adanya pembagian kewenangan yang terbatas. “Saya harap kewenangan Satpol PP dapat terus ditingkatkan sehingga tugasnya benar-benar berjalan maksimal.” terang Wabup.

Oleh karena itu, momentum ini menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan peran dan fungsi Satpol PP di tengah masyarakat. Satpol PP juga memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat terkait ketaatan terhadap peraturan. Diharapkan, setiap personil dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk membentuk citra Satpol PP yang positif.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.