HPNS 2020 Sukseskan “Gemah Ripah” Sampah Jadi Rupiah

184 Views

Ngawi, RepublikNews – Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional(HPNS) Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Tabur Benih Ikan,Bersih Bersih Sampah,dan Penanaman Pohon oleh Wakil Bupati.acara yang digelar di Taman Candi,Desa Kartoharjo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi ini pada kamis 29/02/2020.

Dihadiri oleh Ony Anwar Wakil Bupat Ngawi,Dwi Rianto Jatmiko ketua DPRD Ngawi,Kepala OPD sekabupaten Ngawi,Camat sekabupaten Ngawi,Kepala Sekolah SD,SMP,SMA yang mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata dan pelajar SMP,SMA pemenang lomba melukis.

“Sampah merupakan sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi.namun sampah mengandung sisi negatif dan positif bagi manusia maupun alam,maka adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya indonesia dapat bersih dari sampah dan menjadi indonesia sejahtera”.

PDKK DAN CAMAT KARE MADIUN GELAR BAKSOS PEDULI DHUAFA

Setiyono selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan menumbuhkan kesadaran semua masyarakat untuk semakin peduli terutama lingkungan dengan sampah dan untuk menciptakan kondisi Ngawi yang bersih maju sejahtera dan begitu indah bila sampah dikurangi,”tuturnya.

Setiyono menambahkan bahwa Indonesia itu menyumbang sampah nomer 2 didunia terutama kaitanya dengan plastik, pengurangan sampah harus ada artinya produksi sampah itu harus ada pengurangan dan dua cara penangananya yaitu pengurangan dan penanganan kesadaran masyarakat akan peduli sampah dari sekarang harus kita tanamkan,yang dimulai dari kita sendiri dan lingkungan.

Acara ini dibuka oleh Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi dan dalam sambutanya mengatakan kita wajib melestarikan lingkungan alam supaya indah untuk kita bersama dan akan kita sosialisasikan untuk merubah mindset masyarakat terkait pengelolaan sampah,bukan hanya membuang sampah pada tempatnya lalu dibawa ke TPA tapi lebih pada pengelolaan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dilingkup paling kecil yaitu di desa,bahkan RT dalam Rumah Tangga.

Festival Paralayang Menambah Destinasi Wisata Di Ngawi

Dengan kreativitas pengelolaan sampah bisa menjadikan kegiatan ekonomi kreatif,dan nantinya bisa menambah kegiatan ekonomi masyarakat.disamping itu juga akan diadakan lomba pengolahan sampah sampai tingkat paling rendah (Rumah Tangga) dengan begitu akan ada inovasi yang bagus dalam pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Dikesempatan ini Wakil Bupati Ngawi juga memberikan penghargaan bagi pemenang lomba MURAL yang diselenggarakan pada tanggal 16/02/2020 di TPA Selopuro Kecamatan Pitu, serta penghargaan sekolah Adiwiyata Jawa Timur tahun 2019 untuk delapan sekolah di kabupaten Ngawi.

Acara ini diakhiri dengan penaburan benih ikan dikalimati Taman Candi dan penanaman pohon oleh Wakil Bupati,Sekda,ketua DPRD dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup.(Adv.Kominfo_Bima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.