Budidaya Coklat Dan Bibit ICCRI 06-O8 Bersama Keltan Gondo Arum Madiun

360 Views

Madiun, RepublikNews – Dengan mengelola lahan kurang lebih 48 hektar kelompok Tani Gondo Arum mengembangkan budidaya tanaman Coklat yang berlokasi di Dusun “BOGEM” Desa Kare Madiun,berkat keuletan dan ketekunan kelompok Tani Gondo Arum mereka berhasil pula mengembangkan bibit unggul ICCRI 06 dan ICCRI 08.

Bibit ini mempunyai kelebihan mutunya bagus buahnya lebat tahan hama dan untuk buah bisa mencapai 24 biji per bakon serta pertumbuhan yang cepat hal ini dibuktikan pada usia tanam 2 tahun tanaman jenis ICCRI 06 dan ICCRI 08 sudah mulai produksi buah.

Alumni Tamtama Tahun 1988-1989 Reuni Akbar di Dodik Belanegara Rindam Brawijaya

Tamsir ketua dari kelompok tani Gondo Arum menjelaskan untuk menyiasati penghasilan petani coklat agar semakin baik kami juga melakukan pengolahan dari bahan mentah menjadi bahan baku sehingga harga jualnya juga semakin tinggi, kelompok kami juga mengadakan pelatihan untuk budidaya tanaman coklat banyak petani coklat dari luar daerah yang datang kesini untuk belajar bahkan dari luar propinsipun ada,” jelas Tamsir.

Hal ini dibenarkan oleh Kades kare Sunarno,potensi bibit unggul yang dikembangkan kelompok tani Gondo Arum memang sangat bagus sehingga Kelompok tani Gondo Arum sampai kewalahan bahkan sempat kehabisan stok bibit untuk melayani pemesanan,” terang Kades Kare.

Harapan saya kelompok yang sudah tertata dengan baik ini terus berinovasi dan kami selaku Kades akan mendampingi dan membantu baik secara dinas maupun pribadi agar kelompok ini terus berkembang yang endingnya nanti bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kare,” pungkas Kades Kare.(dite)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.