Gerakan Jum’at Bersedekah,Aksi Komunitas Ibu-Ibu “Pahlawan” Meraih Amal Jariyah

339 Views

Aceh Tamiang, RepublikNew – Sedekah merupakan suatu amal yang sangat dianjurkan dalam Islam,bahkan menjadi salah-satu pahala jariyah disisi Allah yang tak akan pernah terputus hingga seseorang telah meninggal dunia.

Hal ini yang mendasari gerakan sosial “Jum’at Bersedekah”, yang dilakukan setiap hari jum’at oleh Komunitas kecil Ibu-ibu di Desa Pahlawan,Kecamatan Karang Baru,Kabupaten Aceh Tamiang.

Kongres XXX HMI Digelar di Asrama Haji Jakarta

Komunitas yang menamakan “Gerakan Jum’at Bersedekah” tersebut,tampak aktif menyalurkan sedekah berupa bagi-bagi Nasi bungkus secara rutin kepada para Jama’ah Shalat Jum’at Masjid Babur-rahman Desa Pahlawan.

Ketua Komunitas GJS,Kiftiyah.Spd,kepada Jurnalist,Jum’at 14/02/2019, mengatakan,gerakan tersebut tercetus atas atensi beberapa Ibu-ibu anggota pengajian Taklim As-Sunnah,semata-mata hanya untuk mencari keberkahan dan ridho Allah.

Bermula dari obrolan kecil setelah pulang dari pengajian rutin Ibu-ibu,akhirnya spontan menyepakati membuat program sedekah rutin melalui bagi- bagi makanan tiap hari Jum’at.

“komunitas kami diisi emak-emak yang hanya berjumlah tujuh orang,inisiatif jum’at bersedekah yang sudah berjalan ini, tercetus atas kesadaran kami bersama,bermula dari obrolan kecil,tujuannya ialah untuk maraih keutamaan di hari Jum’at melalui bersedekah,ujar nya.

“Alhamdulillah,sampai saat ini sumber anggaran sedekah murni dari komunitas,tapi Insya Allah mampu mas,karna tujuannya baik,ada saja jalan Allah kasih rezeki untuk terus bersedekah”.

“hitung-hitung tabungan akhirat ya mas,sementara ini kan belum ada donatur, ya sedekahnya semampu kami dulu,nanti jika sudah ada donaturnya mungkin kita akan kembangkan lagi program jum’at bersedekah ke Masjid-masjid lain yang ada di Aceh Tamiang ini”,pungkasnya.

Ditambahkannya,makanan-makanan yang telah dipersiapkan,nantinya diantar ke masjid dan diserahkan kepada marbun masjid Babur-rahman sebelum masuk shalat jum’at,

Setelah itu,suami,anak-anak serta kerabat mereka yang juga ikut shalat jum’at berjamaah, bertugas membagikan makanan tersebut kepada para jama’ah lain usai Shalat jum’at,”jadi ya kita saling bagi tugas aja,Ibu-ibu nya masak,Bapak-bapak yang bagi-bagi bungkusan”,tutur Kiftiyah.

Rapat Paripurna DPRD Tuban Bahas LKPJ Bupati Tahun 2019.

Menurutnya,selain membawa banyak manfaat,bersedekah pada hari Jum’at adalah ibadah sunnah yang dianjurkan dan pahalanya akan dilipatgandakan.

Ia pun mengajak semua orang,agar jangan pernah lelah dan berhenti menebar kebaikan terhadap sesama,terutama dalam hal bersedekah,dimulai dari yang sederhana.

“harapan kami mudah-mudahan program Jum’at bersedekah ini dapat terus berjalan,dan bisa merambah ke program-program sosial lainnya,kemudian,jika ada yang ingin ikut berinfaq silahkan hubungi kontak person komunitas GJS: 082238466523 ,tutup wanita berusia 61 tahun tersebut. (iksan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.