Dinkes Tuban Siap Adakan Lomba Desa Siaga Aktif. Gelar Rakor Tim Pokjanal.

235 Views

Tuban, RepublikNews.

Bertempat di Ruang Tulip di Area Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban , Rapat Koordinasi untuk persiapan Lomba Sarasehan Desa Siaga Aktif dilaksanakan dan diikuti oleh beberapa instansi terkait yang akan menjadi Tim Pokja sekaligus nara sumber di 5 lokasi Desa Siaga Aktif dengan Strata Pratama di Kabupaten Tuban pada tahun 2020 ini.Selasa , 11/02/2020.

Kasi Promkes dan Pemmas Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban , Endang Sulastri.SKM menuturkan  Peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah, kegawadaruratan dan sebagainya)

“Tujuan umum Lomba Desa Siaga Aktif  adalah demi terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya , tujuan khususnya adalah sebagai Peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan.” tuturnya.

Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri.

Dijelaskan oleh Endang bahwa ciri-ciri Desa Siaga yaitu minimal Memiliki pos kesehatan desa yang berfungsi memberi pelayanan dasar ( dengan sumberdaya minimal 1 tenaga kesehatan dan sarana fisik bangunan, perlengkapan & peralatan alat komunikasi ke masyarakat & ke puskesmas )

Memiliki sistem gawat darurat berbasis masyarakat , Memiliki sistem pembiayaan kesehatan secara mandiri , dan Masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.” jelasnya.

Sebagai informasi  , Jadwal peserta Tim Pokja Kabupaten dan pelaksanaan kegiatan sarasehan Desa Siaga Aktif di 5 Desa di kabupaten Tuban tahun 2020 adalah dimulai pada tanggal 19 Pebruari 2020 hingga 27 Pebruari 2020 yang meliputi 1. Puskesmas Grabagan bertempat di Balai Desa Dahor Kecamatan Grabagan Tuban  .2 Puskesmas Kenduruan bertempat di Balai Desa Sokogrenjeng Kecamatan Kenduruan Tuban .3.Puskesmas Kebonharjo , bertempat di Balai Desa Paseyan Kecamatan Jatirogo Tuban.4 . Puskesmas Prambon Tergayang bertempat di Balai Desa Prambon Tergayang Kecamatan Soko Tuban.dan ke 5 . Puskesmas Bancar bertempat di Balai Desa Sukoharjo Kecamatan Bancar Tuban.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.