Desa Ngadirojo Wakil Pacitan Dalam Lomba PHBS Tingkat Provinsi Jawa Timur

642 Views

Pacitan, RepublikNews – Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo merupakan satu satunya Desa yang mewakili Kabupaten Pacitan dalam penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Timur. Penilaian lomba ini(7/1/2020) dilaksanakan oleh 4 orang penilai dari Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh drg Fitria Dewi M.Kes.

Luki Indartato selaku ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Pacitan menyampaikan dalam sambutanya, lomba PHBS ini merupakan bentuk implementasi pembinaan yang berkesinambungan dari TP PKK, sebagai gerakan masyarakat yang memiliki kekuatan untuk memberdayakan serta menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk ber-PHBS.

Manfaat PHBS secara umum adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Aris Yudianto selaku Kepala Desa Ngadirojo mengatakan indikator yang menjadi penilaian dalam lomba PHBS ini, yaitu persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI Eksklusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir dengan sabun. Selain itu, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok di rumah.

Lebih lanjut Aris berharap agar Desa Ngadirojo bisa mewakili Jawa Timur dalam lomba PHBS tingkat nasional. (Pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.