Binmas Lampung Barat Gelar Silaturahmi di Sekuting Terpadu

260 Views

Lampung Barat, RepublikNews – Kepolisian Resor Lampung Barat melalui Satuan Binmasnya menggelar acara Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) di Gor Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Wates, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat pada Selasa (31/12/2019).

 

Kegiatan tersebut mengusung tema “Optimalisasi Kelompok Sadar Kamtibmas Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat guna penyelesaian masalah yang terjadi dimasyarakat dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang Kondusif”.

Dalam sambutan Kapolres Lampung Barat AKBP Racmat Tri Hariyadi, S.IK.,M.H. menyampaikan, acara forum silaturahmi Kamtibmas ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat sehingga diharapkan terbentuknya kemitraan di antara kita.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang problematika keamanan dan ketertiban masyarakat dan persepsi masyarakat tentang institusi polri dari berbagai sisi baik itu kinerja perubahan mindset serta karakter dan publikasi informasi ini sangat penting untuk mengetahui posisi kelembagaan Polres Lampung Barat di mata publik sehingga kita dapat menentukan arah kebijakan dan strategi yang tepat dalam menangani permasalahan Kamtibmas di masyarakat,”terang Kapolres.

Untuk menjamin tercapainya cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana dimaksut dalam pembukaan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 maka diselenggarakan pemilihan umum dalam rangka memilih para anggota DPR, DPRD, DPD dan presiden serta wakil presiden dan sebagaimana kita ketahui pemilu yang kita laksanakan di tahun 2019 ini Alhamdulillah sudah kita laksanakan dengan baik dan aman damai dan lancar.

Bercermin dari pelaksanaan rangkaian pemilu 2019 tersebut polri khususnya Polres Lampung Barat memandang perlu mengambil langkah-langkah antisipasi baik yang bersifat preventif preventif maupun represif tindakan kepolisian yang bersifat represif pada hakekatnya merupakan tindakan yang paling akhir digunakan apabila tindakan yang bersifat preventif tidak efektif di dalam menanggulangi kerawanan yang akan terjadi hal ini selaras dengan perubahan paradigma kepolisian yang mengarah kepada paragraf democratic policing,”Terang Kapolres.

Kemudian sambutan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan momentum yang sangat penting ini dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan khususnya Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat kami yakin koordinasi seperti ini penting dan yang berikutnya juga membentuk sebuah keinginan yang besar dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Namanya keamanan dan ketertiban ini merupakan salah satu modal yang sangat penting untuk keberlangsungan daripada sebuah proses pembangunan yang ada di setiap daerah pada kesempatan ini pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat memberikan sebuah apresiasi yang cukup besar kepada bapak Kapolda dalam hal ini diwakili langsung dengan Kapolres untuk membentuk sebuah forum komunikasi yang namanya pokdar Kamtibmas kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat,”jelas Bupati Lambar.

Sementara Sambutan Tokoh Adat Kabupaten Lampung Barat Purn Brigjen Pol Edwardsyah Pernong, SH. MH, menyampaikan Kamtibmas yang diselenggarakan dan di sosialisasikan bagaimana menggerakan kopdar dalam kegiatan-kegiatan mendekatkan diri antara polisi dan masyarakat, Propesionalitas masalah keamanam adalah kebutuhan yang sangat utama dikarenakan segala kebutuhan tidak akan optimal apa bila tidak adanya keamanan walupun berjalan dia tidak akan optimal.

Tugas keamanan yang sebagai penegak hukum harus antagonis dia harus bertindak tegas, dan selain itu pun dia harus bisa menjadi pelayan masyarakat, polisi harus cerdas harus kumutatif apa bila dia tidak cerdas dia tidak akan bisa menjalankan tugas dengan optimal, polisi yang di wilayah-wilayah di tempat-tempat yang terpencil dia sebagai pokdar masyarakat, Polisi harus lebih inten dalam melaksanakan tugas, dan harus lebih capek dia harus melaksanakan tugas yang lebih optimal,”ucap Tokoh Adat Lambar.

Terkahir Sambutan Kapolda Lampung Yang di Wakili Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Drs. Johni Suroto, mengatakan, untuk tingkat provinsi saja acara tidak semeriah ini namun di sini saya melihat sangat meriah dan saya mengucapkan banyak Terimakasi, saya sangat bangga dengan Bupati Lampung Barat sangat megebu-gebu dalam menyampaikan dan mendukung kopdar kamtibmas ini.

Lampung Barat yang pertama setelah itu kita akan laksanakan juga di kabupaten pesisir Barat, tentunya kita sama telah dengarkan apa yang di sampaikan oleh Sultan kerajaan bahwa keamanan adalah pokok yang utama, semuanya kita harus laksanakan dengan silaturahim dari silaturahmi itu kita bisa menciptakan senyum dan menjaga keamanan yang kondusif di Kabupaten Lampung Barat ini,”ungkap Dir Binmas Polda Lampung.

Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh ketua Pokdar Prov. Lampung Ir. H. Firman Rusli di moderatori oleh Ny.Anggie Rachmat di akhiri dengan pengukuhan kelompok sadar Kamtibmas oleh Kapolres dan di saksikan Bupati Lampung Barat dan ketua Pokdar Prov Lampung serta pemakaian Rompi, penyerahan SK, dan KTA Pokdar Kabtibmas Lambar.

Hadir juga Dalam kegiatan FSK tersebut Ketua POKDAR Prov Lampung Ir. H. Firman Rusli, Ketua Bidang Pemecahan Masalah Prov Lampung BEY SOJARWO, S.H., M.H., Ketua Muslimat NU Lampung Hj SRI NINGSIH SUMARNO, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Beni Setiawan, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina SP, MH. Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom.

Kajari Kabupaten Lampung Barat Andri Juliansyah, SH. Dan for kopimda Lampung Barat serta Pesisir Barat, ketua FKUB, Ketua MUI, Ketua PC Muhammadiyah, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Ketua PWI, Para Pejabat Utama Polres Lampung Barat, para Kapolsek, Para Kepala OPD Kabupaten Lampung Barat, Para Camat Se Kabupaten Lampung Barat,Para Peratin Se Kabupaten Lampung Barat, Tokoh, Agama, toko Adat, Tokoh Pemuda dan para Tamu undangan kurang lebih 1000 orang. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.