Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Jombang Dihadiri Gubernur Jawa Timur

269 Views

Jombang, RepublikNews – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Jawa Timur tahun 2019 yang digelar di Alun-alun kabupaten Jombang, Sabtu 14 Desember 2019.

Tujuan digelarnya kegiatan itu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, menumbuh kembangkan dan melestarikan nilai-nilai kesetiakawanan sebagai bagian dari sikap, dan perilaku kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

Peringatan HKSN merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan dan kesatuan ke gotong royongan serta kekeluargaan rakyat Indonesia.

Kesetiakawanan masa kini adalah instrumen untuk menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi. Peringatan HKSN diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada.

Selain dihadiri Gubernur, peringatan HKSN juga di hadiri Menteri Sosial,
Kepala Daerah Kab/Kota se Jawa Timur, Kepala OPD Pemprov Jawa Timur, Kepala Dinas Sosial Kab/Kota se Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Jombang, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Taruna Siaga Bencana (Tagana) se Jawa Timur, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Jombang, Karang Taruna Se Kabupaten Jombang, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pendamping Keluarga Harapan (PKH), Satuan Bakti Pekerja Sosial (SBPS), Penyuluh Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Pelopor Perdamaian (PTP), Pelajar Mahasiswa Pramuka dan Relawan.

Bupati Jombang Munjdidah Wahab dalam sambutan singkatnya menyampaikan terina kasih kepada Gubernur yang memberi kepercayaan kepada kabupaten Jombang sebagai tempat penyelenggaraan peringatan HKSN 2019.

“Ini merupakan suatu kehormatan untuk kabupaten Jombang yang bisa menggelar kegiatan ini,” terang Bupati.

Gubernur Khofifah dalam sambutanta menuturkan pemerintah provinsi Jawa Timur memilih Kabupaten Jombang sebagai lokasi peringatan HKSN Jawa Timur ini dengan pertimbangan, dan memperhatikan kiprah Bupati Jombang yang peduli dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial khususnya, dalam penanganan dan pelayanan di Kabupaten Jombang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan sosial Jawa Timur yang telah bekerja maksimal membantu pemerintah di bidang kegiatan sosial. Untuk itu, saya berharap kepada Bupati/Walikota agar memperhatikan para relawan sosial di wilayah masing-masing,” imbuh Gubernur.

Rangkaian kegiatan peringatan HKSN siang itu dengan pemberian penghargaan kepada Bupati Jombang, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) award, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), prestasi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), prestasi karang taruna, prestasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), dan prestasi penjaga makam pahlawan KH Wahab hasbulloh KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim.

Peringatan HKSN juga menggelar kegiatan sosial dan santunan.
Donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dari RSUD Jombang, pemeriksaan mata gratis (Katarak) bekerjasama Koarmada 2 dan RSUD Jombang. Pemberian bingkisan sosial 10 orang, pemberian sembako lansia 100 orang, bantuan simbolis sepeda motor unit reaksi cepat TKSK (APBD) Kab Jombang 21 orang. Bantuan PROGRESA 182 orang, pemeriksaan screning pab smear dan tes laborat gratis, serta konsultasi kanker payudara dari RSAB Muslimat. (Pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.