Setiajit Pantau Pembangunan Kilang GRR Tuban.

182 Views

Tuban, RepublikNews

Ditugaskan langsung oleh Gubernur Jawa Timur , Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, H.Setiajit.SH.MM  mengunjungi langsung tempat pembangunan Kilang Pertamina Grass Root Refinery (Kilang GRR)  yang berlokasi di wilayah kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jum’at,06/12/2019.

Setiajit mengatakan, kedatangannya ke kilang Tuban ini merupakan perintah Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa yang menugaskannya untuk mengecek langsung kondisi terbaru Kilang Tuban, Setiajit ditemui langsung oleh salah satu karyawan GRR dan langsung memeriksa data luasan lahan yang akan dibangun kilang minyak paling modern di dunia ini.

“Saya diperintahkan ibu gubernur untuk mengecek lokasi pembangunan kilang , sebagai Kepala Dinas ESDM provinsi Jawa Timur, ini kewenangan saya untuk memastikan proyek berjalan lancar .” kata Setiajit dihadapan awak media.

Pihaknya melihat jika proses pembangunan kilang sejauh ini berjalan dengan baik , selain memfungsikan lahan di daratan seluas kurang lebih 840 hektar, ada juga rencana penambahan luasan lahan melalui reklamasi seluas 160 hektar.

“Nanti akan ada reklamasi juga. Kabupaten Tuban adalah pilihan terbaik dari sekian lokasi yang ditawarkan untuk proyek ini, salah satu alasan kenapa pembangunan Kilang di tempatkan di Tuban ini ialah karena kabupaten Tuban memiliki keunggulan dari daerah lain. Wilayah Tuban tidak masuk dalam pecahan atau lempeng gempa. Sehingga jika digunakan untuk membangun kilang sangat aman.” terang Mantan Plt,Bupati Jombang.

Dia menjelaskan , mega proyek yang ada di Tuban itu merupakan kepercayaan pemerintah pusat pada Jawa Timur dan khususnya Tuban. Sebab, dengan nilai investasi Rp 220 triliun lebih itu, bakal banyak uang yang berputar di Jawa Timur , ini salah satu proyek prestisius dan sangat strategis dalam membangun kemandirian dan kedaulatan energi nasional. Dampaknya juga tentu akan sangat besar dirasakan masyarakat sekitar proyek.

‘’Secara ekonomi akan sangat menguntungkan Jawa Timur dan Tuban , karena itu saya ditugasi Gubernur untuk mengawal dan memastikan semua berjalan sesuai rencana.”jelas Setiajit.

Ditambahkan, ada banyak keuntungan yang akan dirasakan masyarakat Tuban. Salah satunya adalah pertumbungan ekonomi. Juga akan banyak tenaga kerja yang direkrut dari warga Tuban. Sehingga, juga akan menambah kesejahteraan.

‘’Saat tahap konstrukti nanti ada 20 ribu lebih tenaga kerja yang dibutuhkan. Akan dipastikan memaksimalkan tenaga lokal untuk terlibat.” tegas pejabat yang juga merupakan kandidat kuat Cawabup Tuban.

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur ini berharap ,  pembangunan kilang GRR Tuban dilahan seluas 900 hektare ini berjalan lancar sesuai target , dan tentunya membawa dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

Sebagai catatan.

Proyek pembangunan kilang minyak PT Pertamina di Tuban menelan dana USD 15 miliar hingga USD 16 miliar atau sekitar Rp.225,37 triliun. Pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada 2026 mendatang.

Sebagai salah satu kilang tercanggih di dunia, Kilang Pertamina Tuban memiliki kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel , Kilang Tuban juga akan menghasilkan 4 juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4.25 juta ton per tahun. Selain itu, bahan bakar minyak yang dihasilkan akan bersifat ramah lingkungan.

Seluruh BBM yang diproduksi di Kilang Tuban memiliki standar terbaik di dunia yakni Euro5, yang sangat ramah dengan lingkungan, juga akan dibangun pelabuhan sepanjang 400 hingga 600 meter.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.