305 Balon Kades Di Banyuwangi Ikut Ujian Test Tulis

354 Views

Banyuwangi RepublikNews – Sebanyak 305 bakal calon kepala Desa di Banyuwangi mengikuti seleksi tes tulis di Ballroom hotel ILLIRA pada kamis (29/8/2019).

Para bakal calon kepala desa ini harus mengikuti tes tulis karena bakal calon kades di desa tersebut lebih dari lima orang, sedangkan materi yang di ujikan berlandaskan peraturan Bupati (PERBUP) no 1 tahun 2017.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyampaikan, sesuai arahan presiden, Joko Widodo, arah kebijakan pembangunan Nasional ini adalah membangun desa – desa yang mandiri dengan berbasis pengembangan SDM dan infrastruktur, maka kepala – kepala desa kedepan menjadi penting, karena urusan kemasyarakan dan pelayanan ini bisa selesai di tingkat desa , kecuali kalau ada urusan yang mendesak, bisa diurus di kabupaten, maka dari itu butuh kepala desa yang inovatip dan kreatif yang manpu memanfaatkan teknologi,” tutur Anas.

Lebih lanjut, Bupati Anas juga meminta kepada kepala Desa yang terpilih nanti punya kesungguhan menyempurnakan program Smart Kampung dan memperhatikan sempadan jalan, sempadan sungai serta mengurangi penggunaan plastik,” terangnya.

Sementara itu, kepala bagian tata pemerintah an Desa , sekretariat Kabupaten Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi mengatakan bakal calon Kepala Desa yang mengikuti seleksi tes tulis sebayak 305 orang dari 41 Desa.

Hasil tes tulis hari ini selanjutnya akan langsung dikoreksi oleh tim penguji dan rencananya, hasil tes hari ini juga kita akan serahkan kepada panitia di Desa,” jelasnya.

Selanjutnya, jum’at pagi (30/08/2019) besok hingga paling lambat tanggal 31 Agustus dilakukan proses penetapan bakal calon kepala desa, salah satu prosesnya adalah penghitungan skor meliputi skor pendidikan, usia, pengalaman kerja di bidang pemerintahan dan kemudian ditambahkan dengan hasil tes tulis” jelasnya.

Aziz juga menambahkan sejauh ini bakal calon Kades terbanyak dari desa Kedungrejo , kecamatan Muncar, kemudian disusul dari desa Benculuk, kecamatan Cluring sebanyak 11calon , selebihnya ada yang 6 sampai dengan 10 calon ,” pungkasnya. (Adi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.