Gubernur dan Bupati Jombang Hadiri Panen Raya DEM Area Budidaya Tanaman Sehat

409 Views

Jombang, RepublikNews – Dalam upaya meningkatkan produksi padi di Jawa Timur, khususnya areal spesisfik yang potensial, serta daya dukung SDM (Sumber Daya Manusia) petani dan aparat, serta adopsi teknologi memadai, Dinas Pertanian Jawa Timur melalui POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) kabupaten Jombang mengadakan panen raya DEM Area Budidaya Tanaman Sehat, di dusun Gandan, desa Gajah, kecamatan Ngoro, kabupaten Jombang, Rabu (24/07/2019).

Kegiatan dihadiri Gubernur Jatim atau yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Ir. Hadi Sulistyo, Bupati Hj. Mundjidah Wahab, Kepala Dinas Pertanian Jombang Ir. Hadi Kuncoro, Jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD, Gabungan Kelompok Tani dan petani, Kepala POPT Sutami beserta PPL, HKTI, KTNA, Wanita Kelompok Tani Desa Gajah, serta undangan.

Ir. Hadi Sulistyo menyampaikan pesan gubernur untuk bersyukur kehadirat Allah SWT, sehingga masih bisa menghadiri panen raya di kabupaten Jombang hari ini. Sejalan dengan program tersebut, diperlukan upaya terobosan dalam jangka pendek, yaitu pengembangan teknologi budidaya padi hemat benih, hemat air, hemat biaya, hemat tenaga kerja, meningkatkan hasil, serta meningkatkan pendapatan petani dan ramah lingkungan.

“Saya berharap, melalui panen raya ini, kita jadikan momentum untuk secara terus-menerus meningkatkan motivasi, kemandirian petani, maupun pelaku agribisnis dalam upaya memajukan sektor pertanian, sehingga memujudkan kesejahteraan petani,” tambahnya.

Bupati Hj. Mundjidah Wahab menuturkan Alhamdulillah bisa hadir dalam kegiatan panen raya, meskipun beliau baru pulang dari Makasar.

“Jangan pernah mengeluh, harus bangga menjadi petani, karena petani adalah pekerjaan mulia dan insyaallah berkah,” tambah Bupati.

Hj. Mundjidah Wahab menambahkan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Jatim tidak sedikit, dan petani harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Jamankita dulu, bunga atau kembang hanya buat pajangan di depan rumah, setelah dilakukan penelitian, bunga bermanfaat untuk melindungi tanaman dari hama pengganggu tanaman. Termasuk burung hantu juga bermanfaat, yang sebelumnya dianggap burung menakutkan, sekarang bermanfaat.

“Jika kabupaten makmur, insyaallah Jawa Timur akan makmur. Semoga kabupaten Jombang bisa selalu menjadi lumbung pangan nasional. Saya juga berharap, seluruh desa se kabupaten Jombang mendirikan kelompok wanita tani,” imbuhnya. (Purbo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.