Kaji Banding di Poskestren Langitan Widang Tuban.

580 Views

Tuban, RepublikNews.

Poskestren didefinisikan sebagai salah satu wujud Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat ( UKBM ) dilingkungan Pondok Pesantren dengan prinsip dari,oleh dan untuk warga pondok pesantren,sesuai Permenkes nomor 1 tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren.

Bertempat di Pondok Langitan Widang Tuban,diselenggarakan kegiatan Kaji Banding dari Kabupaten Blitar Poskestren Langitan yang dihadiri oleh Rombongan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban,antara lain Kadis Kesehatan dr.H.Bambang Priyo Utomo,Direktur RSUD Dr.R.Koesma Tuban dr.H.Saiful Hadi,Kabid Kesehatsn Masyarakat Dinkes Tuban Lulut Purwanto.DCN, Kasi Promkes dan Kesmas Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM, PC NU , MWC NU, Pengasuh Pondok, Promkes Dinkes, Promkes Puskesmas, Kepala Puskesmas dan Bidan Desa,Forkopimka Kecamatan Widang,serta kurang lebih 60 orang rombongan dari Kabupaten Blitar yang dipimpin oleh ketua kaji banding yang juga menjabat Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Blitar dr. Miftahul huda.

Para santri Husada Poskestren Langitan juga melakukan praktek PPGD dan Yel-yel ,dilanjutkan dengan saling tukar cindera mata .

Wakil ketua Poskestren Langitan Widang , Gus Ahmad Farikin dalam paparannya menyampaikan antara lain bahwa kegiatan yang ada di pondok pesantren Langitan widang Tuban tersebut menitikberatkan kepada Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) , Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Kesehatan Lingkungan.
“Kebersihan yang dicanangkan oleh pondok pesantren,setiap selasa dan jumat wajib membersihkan lingkungan dipondok,dan menjadikan lingkungan Pondok Pesantren Langitan menjadi Kawasan Bebas Asap Rokok.” tutur Gus Ahmad Farikin.

Sebagai informasi ,
pondok pesantren Langitan Widang menjadi juara I lomba Poskestren tingkat provinsi Jawa Timur pada tahun 2014.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.