Gelar Pasukan Pengamanan “Pilkades Serentak” Kabupaten Malang 2019

380 Views

KEPANJEN, REPUNLIKNEWS – Apel Gelar Pasukan Gabungan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Malang pada tanggal 30 Juni 2019, digelar di Stadion luar Kanjuruhan Kepanjen, Sabtu pagi (29/6). Pada Apel Gelar Gabungan tersebut sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi.

Plt. Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, MM, menyampaikan, “Semoga dengan banyaknya wilayah yang akan melaksanakan kegiatan demokrasi atau pilkades diharap bisa mendewasakan kita memilih pemimpin terbaik untuk kemajuan masyarakat,” ulasnya kepada RepublikNews “Tidak kurang dari 1,3 juta warga Kabupaten Malang pada hari minggu, 30 Juni 2019 akan memilih Kepala desa (Kades) baru di desanya masing-masing,” jelas Abah Sanusi.

Tidak berhenti di sosialisasi pilkades aman dan kondusif,  tetapi direncanakan Plt. Bupati Malang juga akan melakukan pemantauan langsung bersama Kapolres Malang dan Dandim 0818 ke beberapa titik lokasi.

“Kami akan terus berupaya menjaga keamanan kenyamanan masyarakat bersama para Forpimda dengan mendatangi beberapa tempat pemilihan”, tuturnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Malang” Bahwa dalam pelaksanaan Pilkades di 252 desa, hasil mapping kerawanan terdapat 2 desa sangat rawan, 13 desa rawan sehingga perlu dilakukan upaya untuk menetralisir & mereduksi kerawanan tersebut sehingga seluruh  wilayah menjadi aman”, ucap AKBP. YS. Ujung saat memimpin Apel.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Suwadji mengungkapkan, Pilkades serentak 2019 diikuti sebanyak 858 calon kepala desa. Mereka bertarung merebutkan pucuk pimpinan di 269 desa.  Karena banyaknya calon pihak DPMD sudahbturun ke lapangan untuk ciptakan kondisi damai dan tentram.

“Sudah sebelum hari H kami sudah interaksi pada wilayah pemilihan mulainkami memanggi hingga kami sendiri datang melakukan pendekatan dan cek lokasi secara langsung”, kata Bapak Suwaji saat terpisah.

Hadir dalam acara tersebut semua unsur pasukan bahkan beberapa Polres di Jawa timur dihadirkan membantu pengamanan. Selain itu ada Muspika se -Kab Malang, Petugas PAM Pilkades, Polri 2.438 personil, TNI 650 personel, Dishub, Pol PP dan PMK. (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.