BUMDES DESA KLUMUTAN MULYA MENAMBAH PAD DESA PER TAHUN

556 Views

Madiun, RepublikNews – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Klumutan Mulya” berdiri sejak 2016, menjadi salah satu pilar kesejahteraan bangsa, karena BUMDes tidak lain adalah usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa Klumutan Kec. Saradan Kab. Madiun, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

Kepala Desa Klumutan Agus Proklamanto patut di jadikan contoh untuk desa lainnya, lewat (BUMDES) badan usaha milik desa masyarakatnya sekarang punya usaha pembuatan gorong-gorong, batako, dan patok tanah.
Bahan baku pasir membeli dari Blitar yang mempunyai kualitas terbaik. Kontribusi pendapatan Bundes cetak Gorong-gorong dan batako Rp. 10 juta/ tahun. Dan unit listrik (lampu jalan) tiap tahun Rp. 5 juta yang dikelola oleh Karang Taruna.

Harapan Kades Klumutan, rencana pembuatan Embung dengan luas 1,5 hektar program kerja pemerintahan desa tahun 2020 ke depan bekerja sama dengan Perhutani agar petani kecukupan air untuk irigasi pertanian yang memakai pola kincir air dan tidak merusak sumber air tanah di wilayah desa Klumutan yang terkenal dengan bercocok tanam padi, yang sebelumnya warga desa Klumutan bergantung pada waduk Saradan yang sekarang debit airnya berkurang/mengecil, selain itu juga membuat wanawisata, kolam pemancingan, outbond dikarenakan akses jalan menuju lokasi sudah tersedia. Atas dukungan tokoh masyarakat desa Klumutan bersatu, bergotong royong membangun bersama berjalan aman dan lancar.(nang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.