Dirjen Kemenkes Tinjau Pos Kesehatan Mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H .

425 Views

Tuban, RepublikNews.

Pos mudik lebaran yang berada di dalam rest area bekas terminal bus di Tuban merupakan pos mudik lebaran yang terbaik di Indonesia,hal itu disampaikan oleh
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono saat meninjau pos pengamanan mudik lebaran Idul Fitri 1440 H tahun 2019 di Tuban. sabtu 01/06/2019.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut , Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dr.dr.Kohar Hari Santoso.Sp.An.KIC.KAP. dan Rombongan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dr.H.Bambang priyo Utomo, sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Hj.Endah Nurul K.ST.M.Kes,Kabid Kesmas Dinkes Tuban Lulut Purwanto.DCN.

Selain menangani faktor kecelakaan,pos mudik lebaran juga akan melayani perawatan medis, seperti pemeriksaan fisik terhadap tubuh pengendara mobil ataupun motor serta cek darah .

“Kami dari Dirjen kementerian kesehatan melakukan peninjauan ke pos-pos mudik lebaran di Indonesia. dari beberapa pos yang saya tinjau, di Sumatera, Jawa Timur dan lain sebagainya, pos di Tuban inilah yang kita anggap baik dan sangat lengkap.” terang Anung.

Meski mempunyai keunggulan pelayanan dibandingkan dengan pos mudik lebaran sangat baik dari pada pos lainnya di tanah air, namun Anung meminta kepada pihak kepolisian dan jajaran pemerintah setempat lebih mengutamakan pelayanan kesehatan pada warga yang singgah di lokasi tersebut.

“Kita lihat sudah bagus dan banyak keunggulan yang ada di pos mudik di Tuban ini, tapi kami tegaskan pelayanan kesehatan khususnya harus tetap ditingkatkan, adanya pos pelayanan mudik lebaran diharapkan mampu menekan angka kecelakaaan yang terjadi setiap tahun saat mudik dan balik, saya mengimbau agar para pengendara memanfaatkan adanya pos-pos di sepanjang jalur mudik untuk beristirahat. Bagi pengendara mobil, ia menganjurkan agar beristirahat setiap 4 jam sekali, yang menggunakan sepeda motor, paling tidak setiap 3 jam sekali wajib istirahat.” pintanya

Untuk layanan call center 119 juga sudah berfungsi dengan baik. Jika terjadi sebuah kecelakaaan misalnya, jarak layanan dari beberapa pos yang dibangun di sekitar wilayah Tuban bisa dijangkau kurang dari 30 menit.
“Alhamdulillah kita tadi melihat layanan call center 119 juga sudah normal. Tadi bapak kepala dinas menyebutkan jarak penanganan tak kurang 30 menit.kata Anung.

Untuk pos mudik lebaran yang sudah ditinjau di antaranya pos pelayanan mudik di Kabupaten, Gresik, Tanjung perak, Juanda Surabaya, Merak, dan sejumlah wilayah di Provinsi Lampung.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.