Kita Indonesia,Kita Pancasila. Pemkab Tuban Peringati Hari Lahir Pancasila.

337 Views

Tuban, RepublikNews.

Pemkab Tuban menggelar upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019 di halaman kantor Pemkab Tuban, Sabtu (01/06/2019). Upacara dihadiri Bupati Tuban; Wabup; anggota Forkopimda; Sekda; dan pimpinan OPD ; serta seluruh karyawan/karyawati PNS/Non PNS di Lingkup Setda, Dinas/Badan dan Kantor Pemkab Tuban.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag.MM.membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI menyampaikan Pancasila mampu menyatukan seluruh warga menjadi satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan Tanah Air Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Selain itu, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun Tamansari Kebudayaan yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

Di samping itu, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah sehingga menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika.

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni sebagai momentum merefleksikan sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental Pancasila. Hari Kelahiran Pancasila tidak dapat dipisahkan dengan peristiwa penting yaitu Perumusan Piagam Jakarta dan Pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh PPKI. Peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, terangnya.

Tidak hanya itu, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila dimaksudkan sebagai upaya membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “weitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.papar Miyadi.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.