Hari Lahir Pancasila Diperingati Khidmat Pemkab Blora .

333 Views

Blora, RepublikNews.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 74, Sabtu (01/06/2019) berlangsung khidmat di halaman Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora. Dengan dipimpin oleh Bupati Djoko Nugroho sebagai inspektur upacara, upacara diikuti oleh jajaran Forkopimda beserta istri, Sekda, Kepala OPD, TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Wanita, Mahasiswa, Pelajar hingga Pramuka.

Dalam amanatnya, Bupati membacakan sambutan Plt.Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, karena ini merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Kita akui bahwa eksistensi Keindonesiaan baik sebagai Bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ucap Bupati.

Menurutnya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Bupati.

Dengan merayakan Hari Lahir Pancasila, Bupati mengajak seluruh komponen Bangsa untuk membangun kebersamaan dan harapan guna menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia,” terangnya.

Menurut Bupati, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ke 74, 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegas Bupati.

Untuk umat muslim yang akan merayakan Idul Fitri disilahkan Bupati untuk mudik, pulang kampung bertemu dengan orangtua masing-masing. Bupati meminta agar selama perjalanan tetap menjaga keselamatan agar bisa sampai tujuan dengan lancar ke kampung halaman.

Dalam pelaksanaan upacara kali ini juga ada yang istimewa, pasalnya ASN yang mengikuti upacara tidak hanya ASN Kabupaten Blora saja. Namun ada juga ASN dari luar daerah yang hadir mengikuti upacara di halaman Setda karena sudah menjalani cuti lebaran.

“Terimakasih kepada teman-teman ASN luar daerah yang telah bergabung disini mengikuti upacara. Tepuk tangan untuk mereka semua. Meskipun sudah cuti lebaran dan pulang kampung, masih menyempatkan diri mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila,” ungkap Bupati.

Aziz Widiarso S.Tr, salah satu ASN staf Subbid Peringatan Dini Tsunami BMKG Pusat, Jakarta yang ikut upacara di halaman Setda Kabupaten Blora mengaku senang dan bangga bisa ikut memperingati Hari Lahir Pancasila di kampung halaman.

“Patut di syukuri setelah mengikuti dan melihat antusias pegawai pemerintah daerah Kabupaten Blora untuk menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila ditengah kebahagian libur menjelang hari raya Idul Fitri. Semoga dengan semangat ini dapat memperkuat persatuan dan keyakinan akan idiologi bangsa di tengah cobaan dari segala penjuru arah terhadap kerukunan, kemajemukan, kebinekaan, dan kecintaan kepada bangsa Indonesia ini,” kata Aziz Widiarso, asal Kedungjenar.

Ia mengaku telah mulai cuti dan pulang ke Blora pada hari Senin (27/5/2019) lalu. Sehingga pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini mengikuti upacara di halaman Setda Kabupaten Blora.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.