Kodim 0811 Tuban Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

592 Views

Tuban, RepublikNews.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0811/Tuban Korem 082/CPYJ menggelar Latihan Posko I penanggulangan bencana alam, berlangsung selama tiga hari Senin (27/5/2019) hingga Rabu (29/5/2019) di Aula Letda Sucipto Makodim 0811.

Latihan Posko kali ini mengusung tema “ Kodim 0811/Tuban Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda Di Wilayah Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang ” dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0811/Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto.

“Secara khusus latihan Posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakam operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando,” terang Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto, Senin (27/5/2019).

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini juga untuk memantapkan sistem komando terkait dengan siaga bencana yang diawali dengan koordinasi. Kemudian diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer selain perang (OMSP) untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya.

“Latihan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan dan kesiapan personel Kodim Tuban dalam menyelenggarakan Posko penanggulangan bencana alam, yang disimulasikan bahwa terjadi bencana banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Tuban akibat luapan air sungai bengawan solo,” jelas Dandim.

Pelaksanaan Latihan Posko disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan, latihan ini juga diproyeksikan untuk kemampuan satuan dalam melaksanakan tugas utama mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“ Melihat kondisi Kabupaten Tuban yang rawan terhadap bencana terutama Banjir, Latihan Posko ini diharapkan dapat mewujudkan kesiapsiagaan operasional satuan dalam upaya penanggulangan bencana alam khususnya banjir, bila benar-benar terjadi, ” pungkasnya.(@ nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.