Siswa Latja Diktukba SPN Kemiling Polres Lampung Barat Audensi Di Kantor Bupati Lambar

146 Views

Lambar, RepublikNews – Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Trihariyadi,S.IK.,M.H. Bersama Waka Polres, Kabag Sumda, perwira dan Bintara pendamping SPN Kemiling Polda Lampung mendampingi Siswa Latja silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di ruang Rapat Pesagi Jumat (21/02/2020).

Dalam sambutan Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Trihariyadi,S.IK.,M.H. mengatakan Kami dari Polres Lampung Barat dan SPN Kemiling Polda Lampung Mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampung Barat dan jajaranya karena telah memberikan kesempatan untuk melakukan silaturahmi dengan pemerintah daerah Lambar dan menerima kedatangan adik-adik kita.

Di sampaikan Kapolres Lampung Barat siswa ini sudah melaksanakan Latja di Polres Lampung Barat selama 9 hari dan terkahir besok sabtu 22/02/2020 jadi total 10 hari melaksanakan latja di Lambar.

Siswa keseluruhan di SPN Kemiling Polda Lampung ada 184 personil di bagi 3 Polres yakni Way Kanan, Lampung Utara dan Polres lampung Barat mendapatkan 46 siswa, dan latja ini merupakan suatu syarat pendidikan yang mereka tempuh menjelang akhir pendidikan dan akan di lantik pada 02/03/2020,”terang Kapolres.

“Harapan kami dari Polres Lampung Barat walaupun ini tidak terprogram dalam rencana kerja mereka dan saya mengambil inisiatif alangkah baiknya anak-anak kita ini kita berikan pembekalan sebelum mereka terjun ke lapangan menjadi anggota Polri mereka perlu tahu lingkungan strategis yang terkait dengan kepolisian negara Republik Indonesia,”Ungkapnya.

“Kemarin mereka sudah berkunjung ke DPRD, Kodim 0422 Lampung Barat, Pengadilan Negeri Liwa, ke kajari Liwa dan sekarang kami di terima di Pemkab Lampung Barat,”jelas Kapolres.

Terkait Dumping “CV. AJ Mengaku Keluar Uang Rp. 25 juta” Ke Oknum Wartawan dan LSM

Harapan Polres Lampung Barat para siswa latja tersebut bisa mendapatkan pencerahan bagaimana sinergitas pemerintah Kabupaten dengan kepolisian diwilayah mereka bertugas nanti bisa lebih bersinergi lagi dalam melaksanakan tugas terutama untuk membangun kabupaten dimana mereka bertugas nantinya.

Kapolres berharap kepada siswa untuk memanfaatkan momen ini untuk bekal siswa nantinya bertugas dan lebih profesional dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan visi Bapak Kapolri profesional moderen dan terpercaya.

Sementara Sekda Lampung Barat Akmal ABD Nasir SH mengucapkan selamat mudah-mudahan adik-adik ini yang akan di lantik pada 02/03/2020 semoga apa yang di cita-citakan tercapai,pesan saya bila kita ingin maju dan sukses kuatkan mental, di mental itu lah adanya kedisiplinan yang bisa merubah kita agar lebih maju kedepannya.

Kemudian di lanjutkan dengan penyampaian materi bahwa Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung, Indonesia. Luas wilayah Lampung Barat adalah 2064.4 Km2 . Perlu di ketahui Lampung Barat merupakan daerah rawan gempa karena berada di daerah pertemuan lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia serta merupakan sesar Sumatera.

“Berdasarkan demografinya penduduk kabupaten lampung barat berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2019 sebanyak 305.972 jiwa.pemerintah lampung barat terdiri dari 15 kecamatan, 5 kelurahan , dan 131 pekon. Peneyebaran penduduk kurang lebih 140 jiwa/km2,”Jelas Sekda Lambar.

“Lampung Barat terkenal dengan sektor pertanian dan perkebunan. Dalam bidang pertanian Holtikultura Lampung Barat merupakan Kabupaten penghasil sayur terbesar di Provinsi Lampung. Lampung Barat juga memiliki klimatologi yang sesuai untuk budidaya berbagai jenis tanaman hias.kemudian komoditas perkebunan terbesar adalah Kopi . maka dari itu Liwa juga terkenal dengan daerah kopi. Dan terkenal dengan selogan “Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku,”terang Sekda Lambar.

Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di Griya Paramitra Cikaran Mojokerto

Sekda Lampung Barat juga menjelaskan tentang periodisasi kepemimpinan Lampung Barat sampai dengan saat ini. “Saat ini Lampung Barat di pimpin oleh seorang Bupati yaitu Bapak Parosil Mabsus bersama wakilnya Mad Hasnurin,”Ucap Sekda Lambar.
“Tidak semua wilayah lampung barat bisa di huni karena merupakan daerah taman nasional bukit barisan selatan yang di lindungi, dari 47% wilayah lampung barat yang bisa di huni di sanalah tempat pemerintahan dan pertanian nya,”Jelasnya.

Di akhir kegiatan Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Trihariyadi, S.IK.,M.H. menyampaikan dimanapun siswa nanti bertugas sebagai abdi negara harus maksimal dan oktimal memberikan pelayanan kepada masyarakat, semoga bekal materi yang di berikan Pak sekda dan asisten serta jajaranya dan pejabat utama di lingkungan kabupaten Lampung Barat berikut instansi terkait menjadi bekal siswa untuk lebih provesional dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Perlu di ingat di dunia kepolisian itu ada namanya intel dasar yaitu Ideologi politik sosiologi ekonomi budaya ini yang harus di kuasai oleh anggota polri pertama kali saat bertugas di suatu tempat sehingga dengan bermodalkan intel dasar ini adik-adik bisa merumuskan dan mencari tahu apa yang harus adik-adik lakukan sebagai anggota polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tentunya dengan penguasaan wilayah yang baik dengan berbekal apa yang disampaikan pak sekda tadi,” pesan Kapolres Kepada Siswa. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.