BERITA UTAMA

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Berkunjung di Pacitan

77 Views

Pacitan RepublikNews – Membangun infrastruktur selayaknya memperhatikan dampak positif bagi masyarakat. Keberadaan Infrastruktur harus terkait dengan kegiatan perekonomian serta potensi ekonomi sekitar. Penegasan itu disampaikan Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI saat berkunjung di Pacitan, Sabtu (18/01/20) sore.

“Kita harus memikirkan dampak positif bagi masyarakat dan daerah, jangan membangun infrastruktur tapi justru tidak memberi manfaat” ungkapnya.

Seperti potensi kepariwisataan yang menjadi andalan Kabupaten Pacitan. Wahyu Utomo mencontohkan keberadaan Etalase Geopark. Pusat wisata edukasi itu, bisa lebih dikembangkan dengan melihat potensi wisata yang lain. Demikian pula dengan keberadaan pelabuhan Gelon. Agar sarana pelabuhan nantinya memberi manfaat maka industrinya juga harus hidup.

Kedatangan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kemenko RI dan rombongan di kota Seribu Satu Goa ini untuk melihat kesiapan daerah terkait percepatan implementasi Perpres no. 80 tahun 2019.

Peraturan Presiden itu merupakan percepatan pembangunan ekonomi daerah. Salah satunya Kabupaten Pacitan yang masuk wilayah lintas selatan. Kemenko RI sendiri lanjut Wahyu utomo, telah membuat program program yang didukung semua kementerian serta swasta.

Harapannya, dengan percepatan ini dapat memberi dampak positif bagi kemajuan daerah, provinsi bahkan nasional. Intinya kita ingin memastikan ada dukungan pak bupati untuk program yang sudah ditetapkan pak presiden” pungkasnya.

Setelah melihat langsung ke daerah, kemenko nantinya akan menyusun rencana aksi lanjutan baik dengan pemerintah daerah, provinsi serta pusat. Dari koordinasi nantinya akan terlihat, daerah mana saja yang betul betul siap dan yang belum. Jika ada yang masih terkendala akan sama sama dicari solusinya.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato usai mendampingi rombongan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko RI mengatakan, pemerintah daerah akan mengupayakan lebih maksimal demi mendukung percepatan ini. Langkah koordinasi, komunikasi serta konsultasi sudah dilakukan dengan pemerintah yang lebih atas.

“Saya minta pak sekda dan jajaran melakukan antisipasi dan analisa baik aturan, apa saja yang bisa dikembangkan termasuk resiko dampak,”ungkapnya.

Bupati berharap dengan upaya percepatan yang didukung pemerintah pusat ini kabupaten Pacitan akan semakin maju serta masyarakat sejahtera. (Pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.