Masruroh, Guru TK Kartika IX-44 Yonkes Karangploso Jadi Juara I Inobel

507 Views

Malang, RepublikNews – Guru pemenang lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel,red) tingkat Kabupaten Malang 2019 Jawa Timur mendapatkan penghargaan, pada Senin (13/1/2020). Pihak Dinas Pendidikan berharap guru lebih termotivasi meningkatkan kompetensinya.

Salahsatunya adalah Masruroh, guru TK Kartika IX-44 Yonkes Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang inovasinya diakui dan menjadi juara 1 dalam ajang lomba Inovasi Pembelajaran.

Pemberian penghargaan ini setelah didapati hasil lomba Inovasi Pembelajaran yang dilaksanakan Dinas Pendidikan pada 28 November sampai 5 Desember 2019 lalu. Para pemenang yang ditetapkan adalah juara 1-3 tiap jenjang, yakni TK, SD dan SMP.

Kabid Tenaga Teknis Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Adiono, menegaskan pentingnya pengembangan dan peningkatan kompetensi guru untuk mutu pendidikan yang lebih meningkat. Ia juga mengingatkan peningkatakan kompetensi sifatnya diharuskan bagi guru yang telah mendapatkan tunjangan profesi pendidik.

“Kegiatan inobel ini menjadi salah satu bentuk upaya meningkatkan kompetensi guru. Harapannya, ke depan guru-guru lebih termotivasi untuk memenuhi tuntutan kompetensi dan mutu pembelajarannya,” kata Adiono, sesaat sebelum penyerahan hadiah berupa tropi dan piagam, pada Senin (13/1/2020) siang.

Tercatat, pemenang lomba Inobel jenjang TK adalah Siti Chotimah dari TK Islam Terpadu Almaun Dau (juara 3), Rinda Candra Puspita dari TK Restu PGRI 03 Pujon (juara 2), dan Masruroh, guru TK Kartika IX-44 Yonkes Karangploso (juara 1), Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Seperti yang disampaikan Masruroh, guru TK Kartika IX-44 Yonkes Karangploso (juara 1), Kabupaten Malang, Jawa Timur kepada redaksi Lapan6online.com, pada Selasa (14/01/2020) malam bahwa, ”Alhamdulillah berkesempatan ikut lomba Inobel dengan mengangkat sebuah karya tentang Peningkatan kemampuan berhitung melalui pemanfaatan Media Bebek hitung kreatif kelompok B di TK Kartika lX – 44 Yonkes Karangploso Malang. Dan nantinya insyaallah seleksi makalah kalo lolos maju ke tingkat Nasional,” ujarnya singkat.

Masih menurut Masruroh,”Lomba karya INOBEL guru TK bertujuan untuk meningkatkan motivasi, loyalitas dan profesionalisme guru agar proses pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan, siswa lebih kreatif dan inovatif dalam mendalami materi pembelajaran, serta pembelajaran lebih bermakna,” jelasnya.

“Karya inobel saya ini untuk pengembangan kognitif anak Paud melalui media bebek hitung kreatif agar anak mudah memahami konsep berhitung sederhana yang didalamnya ada beberapa indikator yang dikembangkan diantaranya pengenalan penambahan dan pengurangan dengan benda. Untuk mencapai tujuan tersebut pembelajaran dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan karena dalam kegiatan ini anak bisa berlatih memecahkan masalah sederhana,” pungkasnya. (HRS/ RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.