Acara Adat Gumbrekan Desa Pringkuku Kabupaten Pacitan

45 Views

Pacitan RepublikNews – Budaya adat masih melekat pada masyarakat di Desa Pringkuku, Kecamatan Pringkuku kabupaten Pacitan seperti acara Gumbrekan. Yaitu suatu acara atau kegiatan adat, dimana masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan seperti sapi, kambing dan hewan peliharaan lainya membuat makanan kupat dari bahan beras dicampur dengan kelapa.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan agar seluruh hewan peliharaan sehat terbebas dari penyakit dan bisa berkembang biak dengan baik,” kata Suwardi tokoh masyarakat Desa Pringkuku yang juga sebagai ketua takmir Masjid Nur Mustaqim.

Kupat yang dibuat tersebut dibagikan kepada tetangga sekitar rumah, yang biasanya dilaksanakan hanya satu malam pada hari Kamis Legi malam Jum’at Pahing pada wuku Gumbrek dalam perhitungan waktu Jawa.

Acara adat Gumbrekan sudah dilaksanakan secara turun temurun di masyarakat Desa Pringkuku. Suwardi juga menambahkan, ‘kegiatan seperti ini perlu dilestarikan agar budaya adat ini tidak hilang karena kemajuan jaman dan teknologi. (pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.