LKP MAHKOTA Bekerjasama Dengan DIRJEN PAUDNI Kunjungi Rutan Magetan

122 Views

Magetan, RepublikNews – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ”MAHKOTA” Kabupaten Magetan dibawah pimpinan Frisca Giati Murawati S.Pd bekerjasama dengan Rumah Tahanan 2B Magetan untuk meningkatkan kepedulian kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah pelanggaran hukum.

Berawal dari pembicaraan antara seorang tokoh masyarakat Andy Witono dengan beberapa orang yang sudah bebas dari Rumah Tahanan (RUTAN) kelas II B Kabupaten Magetan.

Mereka sangat sulit untuk mencari nafkah bahkan untuk mencari tempat tinggal sementara (rumah kost atau rumah sewa/kontrak) juga sulit usai bebas , maka dengan adanya bantuan penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan DIRJEN PAUDNI dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan timbul gagasan dari pimpinan LKP “Mahkota” untuk menyampaikan rencana pembekalan dan pelatihan kursus kewirausahaan di Rumah Tahanan (RUTAN) kelas II B Magetan yang saat ini dijabat oleh bapak Putu Astawa, gayung bersambut yang selama ini bapak Kepala RUTAN Kelas II B Kabupaten Magetan sangat mengharapkan adanya Life Skill di RUTAN untuk memberi bekal keterampilan kepada para narapidana.

Kerjasama yang baik antara pemerintah dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan sangat diperlukan mengurangi penggangguran dan membantu program Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan serta membuka lapangan kerja baru yang dalam hal ini merupakan nilai tambah warga masyarakat yang membutuhan pekerjaan baik yang baru keluar/ bebas dari Rumah Tahanan maupun warga masyarakat yang belum beruntung atau putus sekolah.

Pada tanggal 7 September 2019 yang lalu bertempat di aula RUTAN Magetan Jl.Merapi No. 168 Magetan terbentuklah sebuah kelas 50 orang yang terdiri dari 20 orang Warga Binaan RUTAN Kelas II B Magetan dan 30 orang dari warga yang belum beruntung untuk mengikuti pembelajaran Tata Kecantikan Rambut (TKR) dan Babershop pastinya akan tampil beda karena kursus ditambah pelatihan Barber Shop yang artistic serta langsung Uji Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dari Jakarta.

Hal ini merupakan langkah-langkah yang insya Allah akan meningkatkan kerjasama antara Lembaga dan Pemerintah serta membuka peluang lapangan kerja bagi Warga Masyarakat Indonesia dimanapun berada sehingga mampu mencetak/menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional yang dapat bersaing ditingkat dunia. (AW RNews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.