Pelatihan Agribisnis Sapi Potong di Desa Palon di Buka Wabup

485 Views

Blora,RepublikNews.

Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si membuka Pelatihan Agribisnis Sapi Potong dan Pelatihan Tanam Padi Organik untuk Kelompok Tani Ternak Lembu Joyo di Desa Palon Kecamatan Jepon yang diselengarakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Senin 16/12/2019.

Dalam kesempatan itu, Wakil bupati mengapresiasi kerjasama pelatihan ternak sapi yang telah dijalin oleh Desa Palon dengan PT Waskita Karya. Pasalnya penyediaan bibitnya bagus dan para peternak senang untuk melakukan penggemukan dan proses penjualan yang menguntungkan.

“Kerjasama pembibitan dan penggemukan yang dilaksanakan PT Waskita Karya dengan kelompok ternak yang ada di Desa Palon ini cukup bagus, hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh anggota kelompok ternak selama ini,” ucap Wakil Bupati.

“Disamping itu, dari hasil testimoni para kelompok ternak, bahwa program ini sangat bagus dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Pemkab menyampaikan terimakasih dan apresiasi untuk PT. Waskita yang sudah mempercayakan program ini ditaruh di Desa Palon,” lanjut Wakil Bupati saat membuka pelatihan.

Pihaknya juga berharap kedepan kerjasama ini bisa ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, karena dari sisi pengembalian modal pinjaman selama setahun dengan bunga 3% ini para kelompok ternak harus patuh dan tidak ada yang nunggak.

“Saat ini Pemkab Blora menjadi penyumbang populasi sapi terbesar di jawa Tengah, tentu harus di imbangi juga dengan kualitas yang ada” tambahnya.

Wabup juga berharap, kerjasama ini tidak hanya dibidang pembibitan sapi dan padi organik, namun  juga terjalin di bidang lainnya.

“Kalau bisa kedepan Desa Palon menjadi desa percontohan, kedepan kerjasama dibidang lain juga akan kami kembangkan, seperti pengembangan ternak Joper” pungkas Wakil Bupati.

Semetara itu Meiriawan selaku Head- Small Medium Enterprise dan Social Responsibility Partnership Program Unit dari PT Waskita Karya, mengatakan program kerjasama ini sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu hingga sekarang.

“Diawali dengan kelompok tani Desa Palon dengan cabang Waskita yang ada di Semarang dan hingga sampai sekarang ditahun 2019 ini akan memberikan pinjaman modal sebanyak 2,5 miliar,” ujar Meiriawan.

Meiriawan juga mengatakan selama menjalankan kerjasama selama ini sudah berjalan cukup bagus dengan dibuktikan adanya NPL 0% di kelompok tani Lembu Joyo  serta cukup memuaskan hasil yang diberikan dari para peternak-peternak yang ada di Blora.

“Kita kasih pinjaman modal sekian buat peternak dan mereka bisa mengembangkan hasil modal tersebut dengan bagus,” ungkapnya.

Tak hanya memberikan bantuan modal, PT Waskita Karya (Persero) Tbk juga memberikan pelatihan Agribisnis Sapi Potong kepada kelompok binaanya.

“Saya berharap kedepan program kemitraan ini bisa makin bermanfaat buat masyarakat Blora, sehingga tarap hidup mereka bisa lebih meningkat,” katanya.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk  rencananya juga akan memberikan uang modal senilai 2,5 miliar untuk pembelian sapi kepada kelompok ternak Lembu Joyo yang ada di Desa Palon Kecamatan Jepon  Kabupaten Blora tahun 2019 ini.

Kepala Desa Palon, Darsono, mewakili para petani, mengucapkan terimakasih kepada PT Waskita Karya (tbk) dan Pemkab Blora yang telah memberikan perhatian besar kepada sektor peternakan di desanya.

“Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih. Kami bermimpin kedepan Desa Palon benar-benar bisa jadi lumbung sapi unggulan di Kabupaten Blora. Semoga impian itu bisa terwujud dengan terus bekerjasama dan gotong royong oleh semua pihak,” terangnya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Blora Hariyanto,  Perwakilan Dinas Peternakan dan perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat Jepon, dan Seluruh Anggota Kelompok Tani Ternak Lembu Joyo.(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.