BBKSDA Jatim Adakan Pelepasliaran 3 Ekor Rusa Bawean

64 Views

Banyuwangi RepublikNews – Rusa Bawean merupakan Satwa endemik yang ada di pulau Bawean yang di kategorikan langka dan di lindungi, Pulau Bawean secara administratif masuk wilayah kabupaten Gresik

Konservasi Rusa Bawean di Cagar Alam dan Suaka Margasatwa Pulau Bawean bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim melakukan pelepasliaran Rusa Bawean hasil penangkaran.

Pelepasliaran dari Kandang Habituasi tempat penyesuaian rusa terhadap lingkungan Rusa Bawean di desa Suwari kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Selain dari Dinas Kehutanan dan Kementrian Lingkungan Hidup turut hadir Forpimka dari Kecamatan Sangkapura.21/10/19.

Dalam sambutanya Kepala BBKSDA JATIM Dr Nandang Prihadi S Hut M.Sc mengungkapkan pelepasliaran Rusa Bawean salah satu hewan yang di lindungi ini untuk meningkatkan populasi di alam.

” Pelepasliaran ini untuk meningkatkan populasi Rusa Bawean,sementara untuk memantau dilakukan di 5 titik untuk kali ini sebanyak 1 ekor dari maharani zoo dan 2 ekor dari penangkaran  Sudirman.
secara target 10% sudah mencapai  jangan sampai mengalami penurunan seperti jalak bali di penangkaran banyak di alam liar kurang.” paparnya

Lebih lanjut Nandang menyampaikan
ini juga dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional di bulan agustus dan juga menyambut hari cinta puspa dan satwa  yang jatuh pada tgl 6/11/19.

” mudah-mudahan atas serta peran serta masyarakat bisa semakin meningkatkan populasi rusa bawean dan menghindarkan dari kepunahan.” pungkasnya. (Ris/Nar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.