Posyandu Desa Tambak Lekok Pasuruan Lakukan Kaji Banding ke Posyandu Desa Ngino Semanding Tuban.

44 Views

Tuban, RepublikNews

Kader Posyandu dan Perangkat desa, Bidan Desa dan kader-kader Kesehatan Desa Ngino Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dengan penuh semangat menyambut kedatangan tamu dari luar daerah tepatnya rombongan Kader posyandu dari Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan yang melakukan Kaji Banding ke Desa Ngino Semanding Tuban.Rabu,09/10/2019.

Acara Kaji Banding yang dilaksanakan di Komplek Paud Desa Ngino itu dipandu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh Kasi Promkes dan Pemmas Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM, acara Kaji Banding yang dibuka oleh Sekcam Semanding ,Singgih ini dihadiri pula oleh Kepala Desa Ngino Wawan Hariyadi serta perangkat Desa Ngino,TP PKK Desa , Bidan Desa Ngino serta Kader posyandu, sementara untuk penyampaian profil taman Posyandu Melati 1 desa Ngino oleh ketua TP PKK Desa.

Kaji Banding yang difokuskan pada bidang Posyandu ini terasa sangat tepat karena Taman Posyandu Melati 1 Desa Ngino Semanding Tuban menjuarai lomba Posyandu tahun 2017 sebagai Juara 1 tingkat Kabupaten,atas dasar prestasi inilah sehingga banyak yang ingin melakukan Kaji Banding ke Posyandu yang berada di Desa Ngino Semanding Tuban.

Rombongan Kaji Banding yang berasal dari Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan terdiri dari 25 orang , termasuk sekdes, Kaur Keuangan, TP PKK , Bidan Desa dan bidan puskesmas , serta kader  posyandu dan Kesehatan.

Tamu Kaji Banding mendapatkan waktu untuk mengunjungi lapangan, diantaranya meninjau kondisi fisik Posyandu,juga mengkaji mengenai ketersediaan berbagai layanan kesehatan, administrasi posyandu dan inovasi lainnya serta melihat dan mempelajari apa yang menjadi prestasi dan inovasi-inovasi yang menjadi andalan Posyandu Desa Ngino yang layak dan patut dijadikan acuan untuk diterapkan di Pasuruan khususnya di Desa Tambak Lekok , dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab.

Windu Budiati berharap dengan Adanya Kaji Banding ini bisa untuk berbagi pengalaman sebagai motivasi untuk kemajuan di posyandu wilayah masing-masing.

” Harapan kita bisa berbagi pengalaman, pengetahuan dan belajar dari kelebihan-kelebihan dari posyandu yang memang mempunyai banyak inovasi dalam penyelenggaraan posyandu, sehingga bisa menginspirasi posyandu lainnya untuk bisa menjadi lebih baik lagi, dengan cara mengamati , meniru dan memodifikasi kegiatan yang ada sesuai kondisi masing-masing wilayah.” terang Windu

Agar bisa memotivasi kader-kader dalam peningkatan dan kemajuan posyandu atau taman Posyandu, “Maka kegiatan Kaji Banding ini adalah merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh desa untuk bisa belajar secara langsung dengan kader-kader yang sudah berhasil dalam kegiatan posyandu.” tegas Windu.

Sementara itu Kaur Keuangan Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan,Puat ,pada Rnews Tuban disela kegiatan Kaji Banding mengatakan bahwa pihaknya berharap bahwa dengan dilaksanakannya Kaji banding ini dapat menambah ilmu untuk memajukan desanya.

” Kami berharap banyak kegiatan yang mungkin belum ada di desa kami kita tiru untuk meningkatkan kesehatan Balita didesa kami, memberikan penyuluhan yang tepat untuk ibu-ibu hamil dan menyusui, yang jadi perhatian kami ,di desa Ngino ini Taman Posyandunya tiap dusun itu ada Paudnya, di desa kami Paud itu hanya ada di desa, di dusunnya belum ada.” kata Puat.

“Akan kami koordinasikan dengan Kepala Desa untuk mempertimbangkan respon dari warga , untuk meningkatkan SDM agar desa kami bisa lebih Maju lagi.” harap Puat.

Peserta Kaji Banding dari Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan mendapat kesempatan untuk menikmati indahnya wisata Sendang Asmoro sambil menikmati kuliner serta jajanan khas desa Ngino Semanding Tuban , dilanjutkan mengunjungi Pantai Kelapa di Panyuran  Kecamatan Palang Tuban(@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.