Fenomena Satwa Turun Gunung, Dalam Ruwatan Jolotundo

22 Views

Mojokerto RepublikNews – Acara Ruwatan sumber petirtaan Jolotundo merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tahun dibumi Mojopahit dan kali ini sungguh membuat pengunjung takjub karena pagi pagi telah ditemukan satwa Monyet yang termasuk besar turun dari atas gunung dan berdiam diri di lokasi dekat dengan sumber petirtaan Jolotundo dan sepertinya ikut dalam acara Ruwat sumber petirtaan Jolotundo.

Saat awak media konfirmasi ke penjaga loket Much.Haimin menegaskan bahwa kami kerja di loket sumber petirtaan Jolotundo ini sudah sekitar 3 tahun dan baru kali ini kami melihat dan menyaksikan Satwa Monyet yang turun dari atas gunung penanggungan dan berdiam diri di lokasi sumber petirtaan Jolotundo dan ini merupakan fenomena yang langka yang terjadi dan berbarengan dengan acara Ruwat Sumber Petirtaan Jolotundo.

Semua pengunjung yang berasal dari beberapa daerah hampir dari seluruh Nusantara ikut menyaksikan ruwatan sumber petirtaan Jolotundo yang dilaksanakan setiap tahun. Acara ini mempunyai tujuan untuk menjaga sumber petirtaan Jolotundo dari hal hal
yang tidak di inginkan.

Acara Ruwatan Sumber petirtaan Jolotundo untuk menjaga mata air dilaksanakan warga dusun Biting desa Seloliman kecamatan trawas kabupaten Mojokerto.

Sumber mata air dari 33 titik terdapat di empat penjuru yaitu dari lereng selatan, lereng barat, lereng utara dan lereng timur dari bawah gunung penanggungan. Acara diteruskan dengan Tumpengan dan disertai dengan membawa hasil bumi seperti sayur mayur yang ada di bumi Mojopahit. (Dhiroh)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.