Dua Momen Dalam Satu Agenda Pawai Sepeda Hias

260 Views

Kediri, RepublikNews –¬†Ratusan sepeda memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri (sabtu,31/8/2019). Sepeda-sepeda tersebut berangkat dari lapangan Desa Sambiresik, dan berakhir di SDN Turus.

Pawai sepeda hias ini, dijelaskan Babinsa Sambirejo, Serma Muji, seluruh peserta berstatus pelajar, dan guru tingkat SD sederajat se-Kecamatan Gampengrejo. Jarak tempuh pawai sepeda hias tersebut sekitar 4 kilometer.

Berbagai pernak pernik menghiasi sepeda seluruh peserta, dari bagian bawah hingga keatas. Setiap peserta dari satu sekolah, memiliki ciri khas hiasan yang sama.

Gunarso, Ketua Panitia, mengatakan, pawai sepeda hias ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI, sekaligus tahun baru 1 Muharam. Ia juga berharap, tahun depan pawai ini bisa diadakan lagi.

“Lomba ini kita adakan dengan dua tujuan sekaligus, memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 dan tahun baru 1 Muharam. Peserta lomba ini adalah siswa siswi SD se-Kecamatan Gampengrejo,” kata Gunarso.

Selain sepeda yang dihias, kostum peserta juga menjadi pembeda, sekaligus daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Kostum yang digunakan peserta, sama dengan sepeda yang dihias, semua peserta dari satu sekolah, memiliki ciri khas yang sama.

Tak ketinggalan, nomor peserta maupun nomor tim menjadi identitas asal usul sekolah atau nama peserta, melekat di sepeda peserta. Nomor-nomor itulah yang jadi acuan pihak juri, saat menyematkan nilai.

Sementara itu, Camat Gampengrejo, Nizam Subekti mengatakan,”Lomba ini ada sisi mendidiknya, yaitu disiplin tertib di jalan. Peserta dididik lebih dini untuk mengetahui tata tertib saat berkendara di jalan.”

Nizam juga menghimbau kepada seluruh peserta agar berhati-hati saat berkendara, dan tidak kebut-kebutan. Disamping hati-hati di jalan, ia berharap seluruh guru masing-masing sekolah untuk mengawasi seluruh anak didiknya.

Dilaporkan Pelda Bejo, Koramil Gampengrejo bersama Polsek Gampengrejo ikut ambil bagian dalam pengamanan di pertigaan maupun perempatan jalan. Selain di pertigaan atau perempatan, pengawalan peserta saat berkendara di jalan juga dilakukan. (dodik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.