883 CJH Asal Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Haji Massal II Tahun 1440H/2019 M.

55 Views

Tuban, RepublikNews.

Sebanyak 883 Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal II tahun 1440 H/2019 M di kompleks Perumdin PT Semen Indonesia (SI), Merakurak, Senin (22/07/2019), Hadir pada kegiatan ini Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Kepala Kemenag Tuban, Dirut Produksi SI, Ketua MUI Tuban, Kabag Kesra Pemkab Tuban serta seluruh Kepala KUA se-Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengapresiasi kepada Kemenag Tuban dan PT SI yang telah memfasilitasi penyelenggaraan bimbingan manasik haji. Juga kepada para pembimbing yang ikhlas memberikan edukasi kepada Calon Jamaah Haji, bahwa haji merupakan puncak rukun islam, karenanya rukun islam yang lain harus dituntaskan terlebih dahulu. Sebagai puncak rukun islam, haji memiliki keistimewaan, salah satunya menjadi ibadah yang mencakup ibadah fisik, harta, dan hati. Pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi CJH diibaratkan bayi yang baru lahir dan memperoleh kemabruran haji, di samping itu, ibadah haji memerlukan kesabaran, karena waktu tunggu bagi pendaftar sampai 10 tahun.

“Oleh karena itu harus disyukuri dengan melaksanakan haji dengan sebaik-baiknya,” himbau Fathul Huda.

Setelah menunaikan haji, juga diharuskan mampu menjaga kemabruran haji hingga akhir hayat. HalĀ  tersebut diwujudkan dengan semakin meningkatnya ketaqwaan jamaah haji, menjaga niat haji selama pelaksanaan ibadah haji. Setiap rukun haji harus direnungkan dan dihayati maknanya. Sehingga didapatkan hikmah dari ibadah haji.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM., menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban dan pihak lain yang terlibat. Manasik massal ini menjadi kegiatan paripurna dari serangkaian bimbingan bagi CJH.

“Para CJH telah mendapat bimbingan dari KUA dan lembaga bimbingan haji, materi dan praktek,” ujarnya.

Pada tahun 2019 ini, lanjut Sahid, CJH yang berasal dari Kabupaten Tuban tergabung gelombang 2, yang terbagi di kloter 76 dan 77. Dijadwalkan pada 1 Agustus mendatang, bertempat di Pendopo Krido Manunggal, Bupati Tuban akan melepas keberangkatan seluruh CJH, kemudian para CJH akan masuk ke Asrama Haji Surabaya selama sehari.
“Selanjutnya, pada 2 Agustus, akan diterbang melalui bandara Juanda dan dijadwalkan tiba di bandara KAIA Jeddah pada 17.45 WAS,” terangnya.(@nt).

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.