Kawasan Gunung Kawi : Meriahkan Lebaran Dengan Pertunjukan Pencak Silat Manunggal Jaya

816 Views

WONOSARI(Malang), RepublikNews – Untuk memeriahkan suasana Lebaran 2019 (Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H), masyarakat dusun Tempursari kulon Desa Sumbertempur Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, dihibur dengan pertunjukan Pencak Silat *”Manunggal Jati”* yang bertempat di halaman rumah warga yang bernama Wagisan sekaligus juga menjadi anggota, Sabtu malam (9/6).

Selain pertunjukan seni beladiri Pencak Silat juga ditampilkan Campursari dan Bantengan, sebagai selingan acara, “Biar tidak monoton dan kaku, sehingga penonton tidak bosan”, kata Sodiq selaku Kepala Dusun Tempursari Kulon.

Sementara itu Pimpinan Seni Beladiri “Manunggal Jati”, Kasmin menjelaskan, ” Beberapa pertunjukan jurus kembangan dan pertarungan ditampilkan oleh persatuan seni beladiri Pencak Silat kebanyakan anggotanya pemuda pemudi Tempursari Kulon dan warga dewasa yang jumlahnya kurang lebih 50 orang, jelas Kasmin.

Juga ditampilkan pertunjukan pertarungan pencak silat oleh para senior / anggota dewasa, yang tujuannya memberikan motivasi kepada yang muda-muda, agar lebih semangat dan rajin berlatih, mengingat persatuan ini sudah 4 tahun berdiri, imbuhnya.

Pertunjukan Pencak Silat ini selain untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga melestarikan budaya Nusantara, khususnya Seni Beladiri Pencak Silat warisan para leluhur, ucap Bani dan Sudar selaku Pramugari atau Pembawa Acara. (John)

Author: admin

1 thought on “Kawasan Gunung Kawi : Meriahkan Lebaran Dengan Pertunjukan Pencak Silat Manunggal Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.