Warga Komunitas Perantau Ponorogo Ramaikan Halal Bihalal Dengan Kesenian Reog Ponorogo

130 Views

Ponorogo,RepublikNews – Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim. Selain melakukan silaturahmi atau halal bi halal saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan.

Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Seperti halnya acara Pagelaran reog Ponorogo yang bertempat di lapangan kecamatan Badegan kabupaten Ponorogo yang di gelar oleh komunitas masyarakat perantauan Ponorogo-Jakarta.

Acara ini di adakan setiap hari raya Idhul Fitri sebagai rasa syukur dan temu kangen sesama perantau. Mereka rela iuran untuk menangung biaya demi terselenggaranya Pagelaran reog Ponorogo ini.

Ketua Komunitas Heru dan Anto dari Perantauan Tanjung Priok Jakarta Utara saat di konfirmasi wartawan RepublikNews mengatakan,”ini acara gabungan dari masyarakat phonology yang merantau ke Jakarta, kita secara bersama-sama mengeluarkan kocek dari teman, saudara yang merantau demi untuk terciptanya kerukunan bersama.

Heru menambahkan, diadakannya kegiatan halal bihalal tersebut adalah untuk merekatkan tali silaturahmi para anggota Perantau selain itu dalam kegiatan tersebut sekaligus memberikan arahan untuk tidak melupakan sejarah. “Kita jangan sampai lupa dengan sejarah. Dimanapun kita lahir, suku apapun orang tua kita, kita tidak boleh lupa, kita berada di Negara yang berazaskan Pancasila, yang mana didalamnya banyak keragaman suku dan budaya. Oleh sebab itu, kita jangan merasa malu dengan budaya kita dan bahasa kita”, ujarnya.

Acara di dukung oleh kepala desa baru dari Badegan, Didik Suyanto, juga hadir tamu undangan dari polsek dan koramil kecamatan Badegan kabupaten Ponorogo. Dalam acara di gelar tari Jatil Bujang Ganong Jadak Merak dari Gruop Reok yang di mainkan oleh gruop anak anak komunitas perantauan. (gondol)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.