PEMKAB MALANG GELAR PASAR MURAH TAHUN 2019

106 Views

Malang,RepublikNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggelar Pasar Murah / Bazar Lebaran yang bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Gondanglegi, Sabtu pagi (25/5).

Pasar Murah Lebaran Tahun 2019 dibuka oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, yadiselenggarakan selama dua hari, mulai hari ini sampai besok Minggu (26/5).

Dalam sambutannya Plt. Bupati Malang, H.M. Sanusi mengatakan, Pasar Murah Lebaran ini digelar sebagai upaya menghadapi permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat yang cenderung terus meningkat, sehingga akan berbanding lurus dengan kenaikan harga tepat seiring memasuki bulan suci Ramadhan dan jelang datangnya Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, katanya.

Disampaikan juga, lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama dari kalangan keluarga kurang mampu. Namun demikian, ada hal yang patut kita syukuri bersama bahwa perekonomian di wilayah Kabupaten Malang memperlihatkan tren yang positif. Hal ini tercermin dari perkembangan harga yang stabil dengan persediaan berbagai kebutuhan masyarakat yang memadai.

Pada beberapa komoditas mungkin mengalami kenaikan. Tetapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena Pemerintah Kabupaten Malang akan senantiasa bekerja maksimal guna menjaga agar harga dan stok kebutuhan pokok tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan harga, ujarnya.

”Secara khusus kepada para peserta Pasar Lebaran terutama dunia usaha, saya berharap agar dapat berpartisipasi secara berkala. Tidak hanya untuk membuka pasar produk, tetapi juga untuk memacu rasa kepedulian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan. Pasar lebaran ini hendaknya dapat digunakan sebagai pemacu semangat bekerja lebih keras, sekaligus meningkatkan hubungan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan stakeholder lainnya.

Dengan sinergitas yang baik, perekonomian akan semakin berkembang dan kesejahteraan juga akan semakin meningkat,” tambahnya.
H.M. Sanusi berpesan, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang, agar dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, mari mengkonsumsi barang-barang dalam taraf yang wajar dan tidak perlu berlebih-lebihan. Mari menyambut lebaran dengan penuh kegembiraan, penuh khidmat, tetapi tidak perlu larut dalam arus konsumerisme yang berlebihan.

”Selamat melaksanakan Pasar Lebaran dan Selamat menyambut datangnya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Bismillahirrahmanirrahim, Pasar Murah Lebaran Tahun 2019 dengan ini saya nyatakan dibuka dan dimulai kegiatannya,” pesannya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Dra. Pantjaningsih Sri Redjeki, ”Bahwa selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Malang mengambil langkah dan upaya guna mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan selalu mengikuti perkembangan, harga maupun kelancaran distribusi pengadaan dan penyaluran bahan kebutuhan pokok, ungkapnya.

Kehadiran Pasar Murah Lebaran ini, dikatakan Pantjaningsih, Pemkab Malang berkerja sama dengan 12 Distributor Sembako, seperti PG. Kerebet Baru, PG. Kebonagung, Istana Migas, Bulog, Indomaret, Alfamart, Giant, dan juga Supplier untuk kebutuhan telor, daging, ikan dan beras, jelasnya.
Dari sisi harga barang yang dijual tentu relatif murah. Untuk itu, masyarakat semoga dapat manfaatkan pasar murah ini dengan baik.

Selain itu, kegiatan Pasar Lebaran ini tidak terbatas untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, dan kebutuhan menjelang Idul Fitri dengan harga terjangkau saja. Melainkan, melalui Pasar Lebaran ini, diharapkan pula dapat memfasilitasi pengembangan pasar produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sekaligus sejalan dengan semangat menggelorakan ekonomi kerakyatan di wilayah Kabupaten Malang, Pungkas Pantja. (John)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.