Kerja Nyata Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan

54 Views

Pasuruan,RepublikNews – Kabupaten Pasuruan secara geografis terdiri dari pegunungan, dataran rendah dan kawasan pantai. Sebagian dari wilayah tersebut mempunyai sumberdaya alam yang potensial untuk pengembangan usaha perikanan.Potensi Kelautan dan Perikanan yang terdapat di Kabupaten Pasuruan meliputi wilayah perairan laut yang terbentang sepanjang + 48 km mulai dari kecamatan Nguling sampai Bangil. Yang terdiri atas kawasan danau, perikanan air tawar dan perikanan air payau yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Selain itu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan terus berupaya pemulihan sumber daya perikanan dan kelautan dengan memasang terumbu karang buatan dan rumpon serta melakukan transpalasi terumbu karang di perairan laut,rehabilitasi mangrove dan penebaran benih di perairan umum di harapkan dapat memberikan cukup baik tangkapan nelayan ikan di laut dan perairan umum.

Menurut ir. Selamet Nurhandoyo selaku Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pasuruan ada tiga indikator yang menjadi perioritas etos kerja:

1.Produksi perikanan dan kelautan terdiri dari a:Hasil budidaya b. Hasil perikanan penangkapan c.Hasil pembenihan dari Balai Benih Ikan(BBI)
2.Keberhasilan menangani serangan penyakit pada usaha perikanan budidaya.
3.Rehabilitasi dan konservasi sumber daya perikanan dan kelautan.
Adapun capaian kinerja pada Dinas Kelautan dan Perikanan tak terlepas adanya dukungan dana serta prasarana dari pemerintah Kabupaten Pasuruan.
Beliau juga menambahkan sektor perikanan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat dengan harga murah, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya ikan /nelayan dalam rangka pengentasan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja, serta mendorong pertumbuhan sub sektor lainnya”begitu pangkasnya. (mdor)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.