DESA KLOROGAN “PRIORITASKAN PEMBANGUNAN TALUD/TPT” PROGRAM PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR SOSIAL EKONOMI WILAYAH TAHUN 2019

134 Views

Kab. Madiun, RepublikNews – Untuk mendukung percepatan pembangunan desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) telah menetapkan empat program prioritas. Empat program tersebut yakni pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun Sarana Olahraga Desa (Raga Desa).

“Prinsipnya, Prukades itu adalah untuk membuat kluster ekonomi di desa-desa. Prukades memberi insentif supaya desa fokus mengembangkan produk unggulannya. Oleh karena itu, pemerintah memberi insentif kepada para bupati yang memilih untuk fokus di komoditi tertentu. Pemerintah akan membantu dengan pemberikan bibit, traktor, jembatan, dan apapun yang dibutuhkan secara gratis. Tahun ini sedang berjalan di Desa Klorogan Kec. Geger Kab. Madiun telah melaksanakan pembangunan talud / TPT. Pelaksana BKAD Kec. Geger pks: 06/pks-pisew/Jatim/2019. Waktu pelaksanaan 90 hari kalender.

“Perkembangan pengerjaan talud jalan pertanian sampai saat ini sudah mencapai 65 persen, pembangunan talud diharapkan nantinya bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat setempat. Keberadaannya bisa mencegah terjadinya limpasan air yang bisa menyebabkan longsor, ungkap Kades Klorogan Drs. Jupriyanto, M.Si,

”Pembangunan talud ini sangat vital bagi ketahanan jalan. Saya berharap dengan talud ini juga jalan menjadi kuat dan awet, karena meminimalisir terkena limpahan air yang mengakibatkan longsor , meningkatkan jalur transportasi pertanian, rakyat sejahtera,”harapnya.(nang)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.