Jaga Kamtibmas Lewat Tilik Poskamling Bersama Forkopimcam Pesantren

106 Views

Kediri, RepublikNews Mengusung tema “Patroli sahur, dan sahur bareng bersama forkopimcam, toga, tomas, dan elemen masyarakat dalam rangka cipta kondisi pasca Pemilu 2019 pada bulan suci Ramadhan 1440 H”, Koramil Pesantren, Polsek Pesantren, dan Kecamatan Pesantren berbaur dengan warga Kelurahan Tosaren. rabu (15/5/2019)

Sebelum mengelilingi perkampungan warga untuk melakukan patroli sahur, Danramil Pesantren Kapten Kav Puguh Bintarto, Kapolsek Pesantren Kompol Paidi Sadiarto, Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi, Kepala Kelurahan Tosaren Ahmad Khusaini, dan Ketua LPMK Tosaren Nur Alam, mengunjungi salah satu poskamling yang berlokasi di RT 26 RW 09 Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren.

“Poskamling ini harus dijaga dan difungsikan sebagaimana mestinya. Jangan sampai bangunannya ada, tapi tidak ada orangnya. Poskamling merupakan swadaya pengamanan warga yang berfungsi untuk menjaga lingkungan masing-masing,” kata Eko Lukmono Hadi kepada warga setempat saat berada di poskamling.

Ia menambahkan,”Di bulan Ramadhan ini, kita dari Polsek, Koramil, Kecamatan, menyambangi bapak-bapak yang ada di poskamling ini. Bangunan poskamling ini sangat bagus, tapi harus tetap dirawat, jangan sampai bangunannya terlihat kurang pemeliharaannya. Peralatan sama perlengkapan harus dipelihara, jangan sampai rusak atau hilang.”

Usai menyampaikan pesannya, secara bergantian Danramil Pesantren, Kapolsek Pesantren, Camat Pesantren, Kepala Kelurahan Tosaren, dan Ketua LPMK Pesantren menyerahkan paket makan sahur kepada warga yang berada di poskamling tersebut.

Patroli sahur dimulai atau start di poskamling, dan bergerak mengelilingi perkampungan warga sekitar. Adapun lingkungan warga yang dilewati patroli sahur tersebut yaitu RT 26, RT 27,keduanya masuk RW 09, RT 23, RT 24, keduanya masuk RW 08, RT 21, RW 07, RT 16, RT 17, keduanya masuk RW 06.

Patroli sahur tersebut diikuti 15 anggota Koramil Pesantren, 15 anggota Polsek Pesantren, dan 30 warga setempat. Jarak tempuh perjalanan diperkirakan mencapai 1,7 km, dan berakhir atau finish di rumah Ketua RT 26 Wahyu Minadi. Di rumah Ketua RT inilah, sahur bareng dilakukan, baik dari Koramil Pesantren, Polsek Pesantren, Kecamatan Pesantren maupun warga setempat.

“Kita mengadakan patroli sahur, sahur bareng, dan subuh berjamaah, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, sekaligus, cipta kondisi pasca Pemilu. Kegiatan ini diadakan bersama-sama TNI, Polri, dan masyarakat,” jelas Kompol Paidi Sadiarto.

“Kita menghimbau kepada masyarakat Tosaren pada khususnya, Pesantren, dan Kota Kediri pada umumnya, untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar. Kita juga menghimbau warga untuk hat-hati terhadap info hoaks. Kita berharap, Kediri ini aman, nyaman, tentram, damai,” pungkasnya.

Setelah sahur bareng, acara dilanjutkan dengan subuh berjamaah di salah satu Masjid yang lokasinya tidak jauh dari keberadaan rumah Ketua RT. Disinilah, TNI, Polri, dan warga setempat berbaur mendekatkan diri kepada Tuhan, sekaligus menunaikan ibadahnya. (dodik/red)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.