Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pandaan – Malang

134 Views

Malang, RepublikNews – Presiden RI Ir.H. Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, Senin siang (13/5). Peresmian dipusatkan di pintu gerbang Singosari, Kabupaten Malang.

Tol yang diresmikan adalah ruas seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer. Sementara untuk seksi 4-5 sepanjang 7,9 kilometer, saat ini pembangunannya masih dalam tahap konstruksi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Malang, Jawa Timur hari ini. Jokowi hendak meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang.

Jokowi berangkat ke Malang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pukul 08.45 WIB, Senin (13/5/2019). Jokowi dan rombongan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi dan rombongan akan tiba di Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu, Jokowi langsung menuju Gerbang Tol Singosari tempat berlangsungnya peresmian.

“Di Jawa Timur, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meninjau displai panel dan maket proyek jalan tol Pandaan-Malang. Setelah peresmian, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas juga akan meninjau jalan tol Pandaan-Malang,” kata Bey.

Usai peresmian dan peninjauan, Jokowi akan langsung kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang. Sore nanti Jokowi juga rencananya akan berbuka puasa bersama di kediaman Ketua DPR Bambang Soesatyo di Jakarta.
Turut mendampingi presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur, adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Ahmad Erani, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Foto : Presiden RI Ir.H. Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, Senin Siang (13/5). Peresmian dipusatkan di pintu gerbang Singosari, Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya Jokowi menuturkan, konstruksi untuk seksi 4-5 ditargetkan selesai tahun ini. “Maksimal akhir tahun. Syukur-syukur bisa maju,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, dioperasikannya ruas tol Pandaan-Malang bisa memperlancar arus mudik lebaran. Sebab, akan memangkas waktu tempuh secara signifikan.

“Surabaya-Malang (biasanya) bisa 3 jam. Setelah ini diperkirakan hanya 1 jam,” kata Jokowi.

Selain itu, lanjutnya, pengoperasian jalan tol juga bisa mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa. Sehingga diharapkan bisa mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan wisata di kawasan Malang Raya.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Proyek infrastruktur ini menelan investasi hingga Rp 5,9 triliun. (John)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.