TNI Bekerjasama Dengan Polri Mengawal Demokrasi Di PPK Grogol, Tarokan Dan Banyakan

112 Views

Kediri.RNews – Puncak pesta demokrasi pada 17 April lalu telah terlewati, dan kini saatnya penghitungan suara di tingkat kecamatan atau PPK. Secara serentak, PPK yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri menggelar penghitungan suara secara manual, diantaranya di Kecamatan Grogol, Tarokan dan Banyakan.

Wilayah kerja Koramil Grogol yang meliputi Kecamatan Grogol, Tarokan dan Banyakan bekerjasama dengan Polsek Grogol, Tarokan dan Banyakan serta Satlinmas setempat dalam mengamankan jalannya penghitungan suara secara manual tersebut. senin (22/4/2019)

Menurut keterangan Danramil Grogol Kapten Inf Suliyono, hampir secara bersamaan 3 PPK mengadakan penghitungan secara manual, yaitu Kecamatan Grogol, Tarokan dan Banyakan. Ketiganya dilakukan ditempat yang berbeda-beda, PPK Kecamatan Tarokan diadakan di balai Desa Kalirong, PPK Kecamatan Grogol di balai Desa Cerme dan PPK Kecamatan Banyakan di balai Desa Ngablak.

Dalam pelaksanaannya, ketiga PPK tersebut dimulai hingga diakhiri dalam waktu yang berbeda-beda, ada yang bisa diselesaikan dalam 2 hari dan ada yang 3 hari. Kendati berbeda-beda, seluruh pelaksanaan di tiga kecamatan tersebut sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Kediri.

Untuk hari senin ini, PPK Kecamatan Grogol sudah menuntaskan hasil penghitungan suara secara manual yang bersumber dari PPS se-Kecamatan Grogol. Sedangkan PPK Kecamatan Banyakan hampir dapat dipastikan bakal selesai besok selasa, dan PPK Kecamatan Tarokan, hingga berita ini diturunkan masih belum diketahui secara pasti kapan bakal selesai.

Sebagaimana dikatakan PPK Kecamatan Banyakan Ali Mardanus, di Kecamatan Banyakan ada 9 desa atau PPS yang melaksanakan Pemilu secara serentak pada 17 April lalu, dan jumlah secara keseluruhan TPS tercatat ada 203. Dari jumlah 203 TPS, Desa Tiron tercatat paling banyak, yaitu tercatat 44 TPS, sedangkan paling sedikit di Desa Sendang, yaitu 10 TPS.

Ditambahkannya, ada 5 fokus penghitungan suara secara manual yang dilakukan PPK Kecamatan Banyakan, yaitu hasil suara DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPRD Kabupaten Kediri dan DPD Jawa Timur, serta hasil suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Dari laporan Babinsa Ngablak Serda Purnomo dan Babinkamtibmas Ngablak Aipda Agus Riyadi, selama berlangsungnya penghitungan suara secara manual yang dilakukan PPK Kecamatan Banyakan, secara keseluruhan berjalan dengan tertib dan aman. Pengamanan yang dilakukan Koramil Grogol maupun Polsek Grogol, sebagai upaya untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019, sekaligus mewujudkan Pemilu yang damai. (dodik/red)

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.