MUSRENBANGKAB TAHUN 2019, RANCANAAN PROGRAM TAHUN 2020

162 Views
NGAWI, RNEWS – Rencana awal untuk menyusun suatu program yang akan dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan tahun mendatang, pemerintah kabupaten Ngawi melaksanakan musyawarah rencana pembangunan kabupaten (MUSRENBANGKAB). 21/2019
Musyawarah yang diikuti dari berbagai OPD, Lembaga pemerintah, Lembaga swadaya masyarakat, Organisasi politik dan dari berbagai komponen masyarakat, membahas dan menggali sebuah usulan atau gagasan  yang tersusun dari hasil kegiatan musrenbangdes serta musrenbangcam sebelumnya. Selanjutnya dari hasil musyawarah rencana pembangunan kabupaten (MUSRENBANGKAB) akan digodok oleh bidang – bidang dari semua OPD untuk dijadikan pedoman pemerintah daerah untuk menyusun sebuah program yaitu Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).
Dijelaskannya, ada empat poin yang mendasari rencana program pembangunan daerah, yaitu rancangan program pembangunan jangka panjang, rancangan program pembangunan jangka menengah serta rancangan program pembangunan jangka pendek yang berdasar pada kebijakan pimpinan pemerintah daerah.
Sedangkan dalam rencana pelaksanaan program pembangunannya, pemerintah daerah kabupanten Ngawi untuk tahun 2020 akan memprioritaskan dua hal yang sangat dominan yaitu pembangunan perekonomian masyarakat serta inprastruktur. Dua hal tersebut menurut, Budi Sulistyono selaku bupati Ngawi dalam sabutannya menyampaikan, “perekonomian dan infrastruktur sangat dominan untuk menuju kemakmuran rakyat” oleh karenanya menjadi prioritas pemerintah daerah dalam menyusun rencana program pembangunan tahun yang akan datang.
Selain dua hal diatas, bupati mengatakan, pembangunan perekonomian dan infrastruktur sangat penting tapi ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu lagi yaitu; pembangunan dibidang kesehatan dan pendidikan. Pemerintah kabupaten Ngawi dalam rencana kerja untuk tahun 2020 akan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat serta meningkatkan program pendidikan disekolah, mulai tingkat dasar hingga menengah, paparnya.
Oleh karenanya bupati berpesan  didalam menyusun anggaran serta program daerah  saat ini harus benar – benar jeli agar dinantinya pada pelaksanaan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan bisa efektif dan tepat sasaran. (nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.