Bambang Eko Aditia Dosen STIB Banyuwangi : IKWAL POLITIK INDONESIA

427 Views

Banyuwangi,RNews – Indonesia adalah negara yang tingkat beragaman tinggi.berbagai macam agam,suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda tumbuh subur di Indonesia.selain itu,Indonesia kaya akan sumber daya alam Sayangnya, Indonesia masih kalah dalam sumber daya manusia dibandingkan beberapa negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia. Hal ini membuat banyak kekayaan yang kita miliki belum bisa dikelola sendiri. Juga banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa hidup sejahtera. Salah satu hal yang membuat sumber daya manusia kita masih kalah dengan beberapa negara lain adalah kurangnya dalam bidang politik. kondisi politik di Indonesia sedang mengalami permasalahan yang fatal.

Banyaknya elit politik yang terjerat kasus korupsi menambah problem politik di negeri ini. Hal ini sangat disayangkan karena para pejabat tersebut sudah dipilih oleh masyarakat untuk menjalankan pemerintahan.

Masyarakat berharap mereka mampu menjalankan amanah tersebut dengan baik sesuai dengan janji saat melakukan kampanye. Namun kenyatannya saat mereka sudah terpilih dan dilantik menjadi pejabat, mereka justru banyak yang berkhianat.Rakyat bukannya makin sejahtera malah makin menderita.

Ketika rakyat sedang kesusahan untuk mencari pekerjaan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, para pejabat tersebut justru santai dan tidak menjalankan amanah mereka dengan baik. Janji manis mereka saat kampanye tinggallah janji. Padahal, seharusnya mereka bekerja keras, mendengarkan teriakan rakyat sehingga rakyat tersalurkan aspirasinya.

Tidak hanya korupsi,ikhwal politik lain yang sering terjadi adalah kampanye hitam. Dalam masa kampanye, tim sukses dari para kubu yang akan bersaing dalam pemilihan umum akan berusaha keras untuk mendapatkan dukungan dari rakyat. Mereka meyerang lawan politik dengan isu SARA yang semuanya tidak dibenarkan oleh undang-undang. Mereka akan membuat isu-isu buruk tentang pihak lawan untuk memengaruhi masyarakat. Hal ini tentu akan merugikan dan menurunkan elektabilitas pihak lawan.

Masih banyak ikhwal politik yang sedang terjadi di negeri ini. Semua masalah tersebut memang cukup sulit untuk diselesaikan karena sudah mengakar di dunia politik Indonesia,ditambah tidak dewasanya para politisi sehingga menularkan virus politik yang tidak sehat kepada generasi penerus.
Untuk itu diperlukan kesadaran masing-masing pemain untuk lebih berhati-hati dalam menanggapi isu politik yang ada.

Para penguasa juga harus menjunjung tinggi kejujuran,keadilan, dan nilai-nilai moral agar menjadi pemimpin yang amanah sehingga tercipta Masalah politik di Indonesia sangat dinamis dan cenderung memiliki kekuatan yang sangat tinggi dalam menentukan arah kebijakan negara. Sehingga dengan berbagai macam kebijakan yang kontroversi mengakibatkan persaingan politik di Indonesia semakin menambah konflik antar lembaga.

Pro dan kontra antar lembaga ini yang mengakibatkan politik di Indonesia memiliki kekuatan yang sangat tinggi, melebihi masalah hukum dan masalah-masalah lainnya yang ada dalam lembaga pemerintahan Indonesia.

Dari berbagai macam lembaga yang ada di pemerintahan, lembaga legislatif adalah lembaga yang paling banyak menuai kontroversi. Antara lain adanya koalisi yang sangat kontradiktif antara koalisi satu dengan koalisi lainnya. Berbagai macam masalah yang timbul akibat persaingan ini, membuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah mulai menurun.

Masalah politik yang semakin meruncing dari dalam pemerintahan mengakibatkan masyarakat bertanya-tanya tentang profesionalisme kinerja para politisi yang seakan-akan menggunakan jabatan untuk kepentingan politik pribadi.

Sehingga tujuan awal untuk menjadikan masyarakat sejahtera hanya atas nama belaka. (narto)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.