Waspada Demam Berdarah..Kenali dan Ketahui Gejalanya

190 Views

Mojokerto,RNews – Memasuki musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu membuat Anda harus was-was dengan penyakit demam berdarah. Pasalnya, nyamuk Aedes aegypti yang membawa penyakit demam berdarah ini memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya berlangsung sangat cepat.

Gejala yang paling khas saat terkena demam berdarah adalah demam tinggi. Karena awal demam berdarah penderita akan mengalami demam secara tiba-tiba.

Munculnya demam tinggi pada kasus demam berdarah sering kali disertai dengan muka kemerahan, kulit memerah, nyeri seluruh tubuh, nyeri otot, dan sakit kepala.

Namun, bila demam berlangsung selama lebih dari 10 hari, maka kemungkinan demam tersebut bukanlah gejala demam berdarah.

Seperti halnya yang di alami oleh Jonathan (16) siswa Sekolah SMA , warga Perum Japan Raya Sooko Mojokerto yang di rujuk ke RS. Rekso Waluyo karena mengalami demam tinggi secara tiba-tiba, dan berkepanjangan selama 3 hari tidak turun-turun, sehingga di bawa orang tuanya ke rumah sakit.

Kepada Biro RepublikNews Mojokerto, Jonathan saat di rumah sakit Rekso Waluyo menceritakan awal mulanya dia sakit dan di rawat, ” dia pikir hanya demamnya biasa tapi selang waktu yang cepat tiba-tiba mengalami hal tidak pernah dia rasakan hingga akhirnya dia di bawa ibunya ke dokter untuk periksa, dan di nyatakan oleh dokter positiv, Jonathan terkena Demam Berdarah Dengue atau yang di singkat (DBD).

Penanganan dokter serta dari RS.Rekso yang cepat membuat Apa yang di alami Jonathan tidak sampai parah, dan tidak terlambat penanganannya, jika terlambat menangani serangan DBD bisa berakibat fataliniasiatif.

Namun dengan demikian, bukan berarti penderita bisa bebas untuk segera kembali melakukan aktivitas. Sebab pada fase ini, bila demam kembali terjadi maka sebenarnya bisa saja penyakit memasuki stadium lanjutan.

Apabila tidak ditangani segera, maka ini akan menjadi fase kritis yang membawa dampak fatal. Karenanya, tetap sangat disarankan bagi penderita untuk tetap menemui dokter bahkan setelah memasuki hari ke 5 demam sudah mulai menunjukan tanda membaik. Waktu pemulihan total biasanya hingga 2 minggu.

Namun yang terpenting adalah mencegah penyakit DBD ini sedini mungkin dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Bila terserang penyakit demam berdarah ini, sesegara mungkin melakukan tindakan yang diperlukan. (Heni)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.